Whatsapp Share Like Simpan

Kalau Ibu sering berkunjung ke restoran Jepang, pasti pernah melihat kacang berwarna hijau ini, kan? Yup! Edamame adalah jenis kacang kedelai yang tersembunyi di dalam polongnya. Meskipun sekilas bentuknya seperti kacang kedelai, edamame adalah jenis yang berbeda. Manfaat edamame sangat baik bagi kesehatan berkat kandungan gizi yang lengkap dan tinggi. 

Seperti jenis kacang-kacangan lainnya, edamame bisa dikonsumsi siapa saja lho, Bu. Bahkan, si Kecil juga bisa mengonsumsi jenis kacang yang satu ini karena mengandung berbagai nutrisi penting. Terus, apa sih manfaat edamame bagi tubuh, terutama bagi tumbuh kembang si Kecil?

Kandungan gizi edamame

Meskipun berukuran mungil, siapa sangka ternyata manfaat edamame cukup banyak nih, Bu. Tapi sebelumnya, jangan sampai terkecoh karena edamame tidak sama dengan kacang polong ya, Bu. Sebab, edamame jauh lebih mirip kacang kedelai jika polongnya sudah dibuka. 

Bedanya, edamame memiliki warna hijau yang terang dan khas. Di balik itu, edamame sering disebut sebagai kacang kedelai dari Negeri Sakura, padahal sebenarnya edamame berasal dari China.

Manfaat edamame tidak terlepas dari berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Menurut Food Data Central U.S. Department of Agriculture, kandungan gizi yang terkandung dalam 100 gram edamame, yaitu:

Artikel Sejenis

  • Protein: 18,5 gram.
  • Karbohidrat: 13,8 gram.
  • Serat: 8,1 gram.
  • Zat besi: 3,5 miligram.
  • Kalsium: 97,6 miligram.
  • Fosfor: 262 miligram.
  • Kalium: 676 miligram.
  • Seng: 2,3 miligram.
  • Selenium: 1,2 mikrogram.
  • Vitamin C: 9,5 mikrogram.
  • Folat: 482 mikrogram.
  • Kolin: 87,3 mikrogram.
  • Vitamin A: 23,2 mikrogram.
  • Beta karoten: 271 mikrogram.
  • Vitamin K: 41,4 mikrogram.
  • Lutein + zeaxanthin: 2510 mikrogram.

Selain itu, edamame juga mengandung sedikit vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B6. Manfaat edamame juga bisa si Kecil dapatkan berkat kandungan protein di dalamnya. Ya, betul, Bu. Edamame merupakan salah satu sumber protein nabati yang baik untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. 

Namun, perlu Ibu ketahui bahwa protein hewani merupakan jenis protein yang lebih penting dan dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang si Kecil. Ini karena protein hewani mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dibandingkan protein nabati. 9AAE berperan untuk membangun dan menjaga sel-sel serta jaringan tubuh. Selain itu, 9AAE juga diperlukan untuk menyerap dan mengedarkan nutrisi lain yang dikonsumsi oleh si Kecil ke seluruh tubuh yang membutuhkannya .

Nah, 9AAE harus dipenuhi secara rutin setiap hari karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Jadi, kalau si Kecil kekurangan asupan 9AAE, maka tubuhnya tidak bisa menggantikan nutrisi tersebut. Terus, dari mana Ibu bisa mendapatkan asupan 9AAE yang lengkap? 

Eits, tenang ya, Bu, 9AAE yang lengkap bisa didapatkan dari susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, serta hasil olahannya. Meskipun protein hewani penting, tetapi si Kecil juga perlu mengonsumsi protein nabati kok, Bu, karena manfaat edamame juga dapat mendukung kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. 

Manfaat edamame untuk kesehatan si Kecil 

Ibu tidak perlu ragu ya untuk memberikan si Kecil olahan yang mengandung edamame. Sebab, selain dapat memenuhi kebutuhan gizi hariannya, manfaat edamame juga cukup penting untuk jangka panjang. Yuk, simak sejumlah manfaat edamame bagi tubuh:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Salah satu manfaat edamame adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung vitamin dan antioksidan tinggi. Studi yang dipublikasikan di jurnal Aging and Disease menyebutkan bahwa nutrisi punya peran penting untuk menjaga kekebalan tubuh, terutama pada anak-anak. Rajin makan edamame tentu dapat menurunkan risiko berbagai penyakit dan infeksi pada si Kecil.

  2. Menjaga kesehatan tulang

    Manfaat edamame selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang berkat kandungan berbagai nutrisi di dalam edamame. Beberapa nutrisi itu seperti seperti kalsium, fosfor, dan zat besi yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang si Kecil.

    Jurnal Therapeutic Advances in Musculoskeletal Disease memaparkan hubungan antara makanan berbahan dasar kedelai dengan peningkatan kesehatan dan kepadatan tulang. Hasilnya, makanan berbahan dasar kedelai terbukti dapat membantu menjaga kesehatan tulang. 

    Dalam hal ini, manfaat edamame juga sangat penting karena termasuk makanan yang dapat menjadi pilihan Ibu untuk si Kecil agar tulang tetap sehat dan kuat di masa pertumbuhannya.

  3. Menjaga kesehatan kulit

    Manfaat edamame berikutnya yang perlu diketahui adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Ini terjadi karena kandungan antioksidan yang dapat membantu merawat kesehatan kulit si Kecil. Zat tersebut penting untuk mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Selain antioksidan, kandungan isoflavon yang terdapat di dalam edamame juga bermanfaat sebagai terapi alternatif untuk mencegah perubahan kulit.

  4. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

    Selanjutnya, manfaat edamame yang dapat dirasakan adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini berkat kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mengoptimalkan kerja sistem pencernaan manusia, termasuk pencernaan si Kecil. 

    Tidak hanya itu, kandungan karbohidrat kompleks dari kacang ini punya manfaat untuk memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Manfaat edamame ini dapat membuat si Kecil menahan keinginan untuk makan dalam porsi yang besar. Karena itu pula, edamame juga disebut sebagai makanan yang dapat bantu menjaga berat badan tetap ideal.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas ya, Bu, manfaat edamame memang banyak, tetapi akan lebih baik jika si Kecil mengonsumsi makanan tinggi protein yang berasal dari sumber hewani, agar tumbuh kembangnya lebih prima. 

Ibu bisa mendapatkan asupan 9AAE yang lengkap dari susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Sebaiknya si Kecil mengonsumsi 9AAE secara rutin ya, Bu. Sebab, kalau si Kecil kekurangan 9AAE, maka potensi tinggi badan dan kecerdasannya akan terhambat.

Hal tersebut didukung oleh penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information yang menunjukkan bahwa kekurangan semua jenis 9AAE akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -50%. Nah, hormon pertumbuhan ini berkaitan dengan pertumbuhan badan si Kecil.

Duhhh… Ibu pasti tidak ingin kondisi tersebut dialami si Kecil, kan? Untuk itu, pastikan si Kecil mengonsumsi susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ secara rutin. Apalagi susu ini mengandung nutrisi prima lainnya lho, termasuk DHA 4x lebih tinggi yang dikombinasikan dengan omega 3 (ALA), omega 6 (LA), DHA 4x lebih tinggi, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi untuk meningkatkan akal kreatif si Kecil. 

Selain itu, susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya dengan 5 nutrisi penting lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil. Dengan begitu, si Kecil jadi lebih kreatif, tangkas, dan berani. 

Supaya tumbuh kembang si Kecil lebih prima, penting bagi Ibu untuk memantau progressnya secara rutin. Sekarang cukup mudah lho karena Ibu bisa memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima Melalui fitur ini, Ibu akan mendapatkan banyak informasi penting mengenai grafik pertumbuhan dari WHO, grafik CDC, hingga anjuran dari psikolog. Yuk, langsung coba fiturnya di sini.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz