Ibu pasti sudah sangat familiar dengan buah yang satu ini, kan? Perpaduan rasa manis dan asam yang segar membuat buah mangga diminati banyak kalangan. Di balik rasanya yang enak, ternyata manfaat buah mangga juga cukup penting bagi kesehatan tubuh. 

Buah mangga sering dikonsumsi langsung dalam bentuk buah potong segar, jus, smoothies, salad buah, dan lain sebagainya. Akan tetapi, manfaat buah mangga juga bisa didapatkan dari menu MPASI untuk si Kecil lho, Bu. Sebelum kita membahas resep MPASI mangga yang kaya nutrisi dan lezat untuk si Kecil, simak dulu beragam kandungan nutrisi dan manfaat buah mangga di bawah ini, yuk!

Kandungan Nutrisi Buah Mangga

Melansir laman resmi U.S. Department of Agriculture (USDA), dalam 100 gram buah mangga terkandung beberapa nutrisi berikut ini:

  • Air : 86,6 gram
  • Protein : 0,7 gram
  • Lemak : 0,5 gram
  • Karbohidrat : 12,3 gram
  • Vitamin C : 36,4 mg
  • Kolin : 7,6 mg
  • Vitamin A : 54 mcg
  • Asam folat : 43 mcg

Selain itu, manfaat buah mangga juga hadir berkat kandungan nutrisi lainnya, seperti kalsium, zat besi, vitamin B1, vitamin B2, tembaga, serta beragam antioksidan seperti beta karoten dan zeaxanthin. 

Apa Saja Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan?

Dari kandungan nutrisi tersebut, tak heran jika manfaat buah mangga juga cukup baik bagi kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Berikut adalah beberapa manfaat buah mangga yang perlu Ibu ketahui:

Artikel Sejenis

  1. Mencegah sembelit atau konstipasi

    Seperti yang sudah disebutkan, manfaat buah mangga salah satunya dapat membantu mencegah sembelit atau konstipasi. Hal ini dikarenakan mangga termasuk buah yang mengandung air dan serat cukup tinggi, sehingga dapat membantu melancarkan saluran pencernaan si Kecil. 

    Bayi yang baru mengonsumsi MPASI perlu mendapatkan asupan air dan serat yang cukup agar pencernaannya tetap sehat dan lancar. Oleh karena itu, Ibu perlu menyeimbangkan pemberian MPASI yang kaya nutrisi. Menurut Angka Kecukupan Gizi tahun 2019 dari Kementerian Kesehatan RI, bayi yang berusia 6-11 bulan perlu mendapatkan asupan serat sebanyak 11 gram per hari. 

  2. Mendukung kesehatan kulit dan rambut

    Selain baik bagi mata, vitamin A juga berperan penting untuk mendukung kesehatan kulit dan rambut. Penelitian yang terbitkan dalam National Library of Medicine menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A dalam jumlah yang banyak akan memicu beragam risiko infeksi, seperti ISPA, pneumonia, diare, dan campak. 

    Selain itu, kekurangan vitamin A juga memicu risiko kerontokan rambut yang serius. Ini karena vitamin A berperan penting untuk menjaga kesehatan jaringan epitel pada kulit dan rambut supaya kedua jaringan ini tetap lembap dan sehat. 

    Kombinasi antara vitamin A dan C diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan kolagen. Itulah mengapa manfaat buah mangga cukup baik untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut karena buah ini mengandung vitamin A dan C cukup tinggi. 

  3. Membantu mencegah risiko penyakit

    Yang tak kalah penting, manfaat buah mangga juga dapat membantu mencegah munculnya risiko penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Texas AgriLife Research menunjukkan bahwa ekstrak polifenol dalam mangga dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. 

    Selain itu, manfaat buah mangga yang satu ini juga hadir berkat kandungan antioksidan lain, serat, vitamin C, vitamin E, karotenoid, dan berbagai senyawa aktif lainnya yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. 

  4. Mendukung daya tahan tubuh

    Manfaat buah mangga yang selanjutnya yaitu dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Manfaat ini berkat adanya kandungan antioksidan, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K dalam mangga. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang berfungsi untuk melawan virus dan kuman penyebab penyakit. 

Selain yang telah disebutkan di atas, ada beragam manfaat buah mangga lainnya, seperti mengontrol berat badan ideal, menjaga kesehatan mata, mencegah efek buruk radikal bebas, menyehatkan jantung, menurunkan tekanan darah, dan lain sebagainya. 

Resep MPASI Mangga untuk Bayi

Dari banyaknya manfaat buah mangga untuk tubuh, Ibu pasti semakin yakin untuk mengolah buah ini ke dalam menu MPASI si Kecil, kan? Supaya si Kecil mendapatkan manfaat buah mangga yang optimal, ada beberapa resep MPASI berbahan dasar mangga yang bisa Ibu olah:

  1. Puree buah mangga & naga

    Si Kecil bisa mendapatkan manfaat buah mangga dari resep MPASI sederhana ini lho, Bu. Yuk, intip bahan dan resepnya berikut ini:

    Bahan-bahan:

    • 3-4 potong buah mangga
    • 3-4 potong buah naga
    • Keju secukupnya
    • Sedikit ASI atau susu pengganti ASI (untuk bayi yang tidak bisa memperoleh ASI dan harus sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan)

    Cara membuat:

    1. Haluskan buah mangga dan naga menggunakan blender
    2. Masukkan keju dan campurkan lagi sampai rata
    3. Saring olahan puree ke dalam mangkuk
    4. Tambahkan sedikit ASI
    5. MPASI mangga siap disajikan untuk bayi berusia 6 bulan
  2. Bubur mangga oatmeal

    Selain mendapatkan manfaat buah mangga, si Kecil juga bisa mendapatkan manfaat yang penting dari oatmeal. Langsung intip resepnya ya:

    Bahan-bahan:

    • 3-4 potong buah mangga
    • 2 sdm oatmeal khusus bayi
    • 60 ml ASI atau susu pengganti ASI (untuk bayi yang tidak bisa memperoleh ASI dan harus sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan)

    Cara membuat:

    1. Campurkan oatmeal dengan air mendidih, kemudian diamkan selama 10 menit hingga tekstur mengental.
    2. Blender buah mangga dan oatmeal sampai halus.
    3. Saring ke dalam mangkuk.
    4. Tambahkan ASI sampai teksturnya sesuai.
    5. Sajikan bubur MPASI ini untuk si Kecil.
  3. Puding mangga 

    Ibu ingin memberikan MPASI yang manis untuk si Kecil? Yuk, coba resep yang satu ini agar ia mendapatkan manfaat buah mangga:

    Bahan-bahan:

    • 3 potong buah mangga, blender sampai halus
    • 100 ml ASI atau susu pengganti ASI (untuk bayi yang tidak bisa memperoleh ASI dan harus sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan)
    • 50 ml air
    • 1/2 sdt agar-agar tanpa rasa
    • 1 keping biskuit bayi

    Cara membuat:

    1. Rebus air dan agar-agar dengan api kecil, tambahkan sedikit ASI atau susu formula. Matikan api.
    2. Tuang mangga yang sudah dihaluskan, lalu tambahkan kejut yang sudah diparut.
    3. Tuang agar-agar ke dalam wadah, tambahkan 1 keping biskuit di atasnya.
    4. Masukkan puding ke dalam kulkas.
    5. Sajikan untuk camilan si Kecil.

Meskipun manfaat buah mangga cukup banyak, Ibu tetap perlu memberikan ASI secara rutin kepada si Kecil. Ini karena ASI mengandung nutrisi yang lengkap untuk mendukung tumbuh kembangnya. 

Namun jika ASI dirasa tidak cukup, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu bertanya susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya Bu! 

Maka dari itu, penting bagi Ibu untuk meningkatkan kualitas ASI dengan cara minum susu Frisian Flag PRIMAMUM secara rutin karena mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga diperkaya dengan tinggi asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak si Kecil.

Susu Frisian Flag PRIMAMUM juga mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh si Kecil.

Selain memberikan asupan nutrisi yang tepat, Ibu juga perlu memantau kecukupan gizinya. Caranya mudah lho, Ibu bisa memanfaatkan fitur Kalkulator Gizi. Di fitur ini, Ibu bisa cek kecukupan jumlah gizi harian Si Kecil dan mengetahui kebutuhan gizi harian si Kecil lebih terperinci yang dikembangkan oleh Akademi Keluarga Prima. Ibu bisa langsung menggunakannya di mana saja dan kapan saja karena bisa diakses melalui smartphone. Mudah, bukan? Yuk, langsung coba fiturnya di sini.