Share Like
Simpan

Selamat, Bu! Akhirnya dua garis yang dinanti-nanti muncul juga. Anak ke berapa pun ini bagi Ibu, tentunya momen kehamilan merupakan hal yang sangat membahagiakan, ya!

Sayangnya, tak semua ibu memiliki momen untuk mengejutkan suami dan keluarga saat memberitakan kehamilan. Pengalaman saya sendiri dulu kurang surprise, akibat sudah telat haid sekitar dua minggu, lalu saya mencoba test pack dengan suami yang menunggu di depan pintu kamar mandi. Eh, ternyata benar positif! Suami pun langsung tersenyum bahagia sambil memeluk saya.

Nah, jika Ibu ingin memberikan kejutan bagi suami dan orang-orang terdekat ibu, beberapa cara ini bisa dicoba.

1. Pura-pura minta tanda tangan

Coba Ibu kejutkan suami dengan cara berpura-pura minta tanda tangannya. Katakan, “Aku butuh tanda tanganmu nih, untuk mengurus surat perjanjian ini”. Ketika ia meminta pulpen, berikan test pack positif Ibu. Wah, pasti ia sangat terkejut!

2. Balon Pembawa Kebahagiaan

Ketika akan memberitahukan berita bahagia ke orang tua Ibu, bawalah dua buah balon, satu berwarna pink dan satu lagi berwarna biru. Mintalah mereka untuk memilih salah satu. Tak lama pasti mereka akan menyadarinya dan reaksi mereka pasti sangat terkejut!

3. Tempat Makan Mini

Saat menyiapkan makan malam, gunakan alat makan kecil seperti sendok kecil, piring kecil, dan garpu kecil. Suami pasti akan bertanya-tanya apa yang terjadi. Tinggal tunjuk ke arah perut Ibu dan tunggulah reaksinya.

4. Pesan Untuk Nenek dan Tante

Pesanlah beberapa buah mug yang bertuliskan, “Grandma-to-be”,’’Auntie-to-be”, atau “Uncle-to-be” dan kirimkan kepada saudara-saudara Ibu. Jangan lupa tempelkan hasil USG di mug masing-masing. Pasti mereka tak menyangka!

5. Kacang Polong

Berikan sebuah kacang polong pada suami. Ketika ia bertanya, ‘’Apa ini?” maka jawablah, “Yang ada di dalam perutku sekarang sekecil ini”.

6. Foto USG

Cetak foto USG Ibu, letakkan dalam sebuah frame cantik, dan pajanglah di tempat yang terlihat suami atau keluarga. Mereka mungkin awalnya tak menyadarinya, tapi mintalah mereka untuk melihat lebih dekat.

7. Permainan Mencari Kata

Jika Ibu telah memiliki anak sebelumnya, coba cara menyenangkan ini untuk memberitahukan bahwa mereka akan punya adik. Buat permainan mencari kata, dengan huruf-huruf bertuliskan, ‘’ADIK BAYI”’ secara terpisah. Sebar setiap huruf di sudut rumah, dan bantu si Kecil menyusun huruf-huruf tersebut. Reaksi si Kecil pasti tak ternilai!

8. Foto di Media Sosial

Banyak cara untuk memberitahukan pada jagat media sosial bahwa Ibu sedang hamil. Bisa dengan memasang foto sepatu kecil bersama dengan sepatu Ibu dan ayah di wall Ibu, bisa juga mengambil gambar si Kecil yang seolah sedang menulis ‘’Aku akan punya adik”’ di sebuah white board. Atau, tulis status: “Panaskan oven selama 40 minggu. Masukkan roti. Atur waktu untuk 4 Januari!”

9. Makanan Bayi

Beri tahu si Ayah bahwa Ibu akan masak malam ini dengan menunjukkan bahan-bahan apa saja yang harus dibeli. Tertulis: baby carrot, baby back ribs, baby buncis, dan semua makanan yang mengandung kata “baby”.

10. Say Cheese!

Ketika keluarga Ibu sedang berkumpul, minta mereka untuk berfoto bersama, dan Ibu yang memegang kamera. Sedetik sebelum Ibu memotret, teriakkanlah, “Aku hamil!”’ dan fotolah ekspresi mereka yang pasti sedang kaget!

11. Baby Shower

Setelah mandi air panas, gunakanlah uap yang menempel di kaca wastafel dengan menuliskan “Aku hamil” dan pastikan setelah ini ada si Ayah yang akan menggunakan kamar mandi.

Bagaimana, Bu? Sudah menemukan cara yang paling cocok untuk memberitahu kehamilan? Jika Ibu punya ide unik lainnya, mengapa tak ceritakan di sini?