Hai Bunda, daftar disini

Desi Surya

Desi Surya

Umum

penyebab mata bintitan

Infeksi yang terjadi di kelenjar minyak mata bisa menimbulkan bintil atau bisul kecil yang sering kita sebut sebagai bintitan (hordeolum).

Menurut dr. Florence, lagi-lagi penyebabnya adalah debu yang ditumpangi oleh kuman. Sesuai dengan lokasinya, bintitan dibedakan menjadi dua, yaitu hordeolum eksternum dan hordeolum internum. Pada hordeolum eksternum, bintitan terjadi di bagian luar mata, biasanya di dekat pangkal bulu mata. Sedangkan pada hordeolum internum, bintitan terjadi di bagian dalam kelopak mata sehingga akan membuat mata terasa ada yang mengganjal.

Selain dari segi estetika, bintitan tentu akan membuat anak merasa tak nyaman. Jadi, pastikan Anda menangani bintil ini dengan tepat, Ma. Selain dengan antibiotika, pengompresan dengan air hangat juga bisa membantu mempercepat penyembuhan. Selain itu, perhatikan pula soal kebersihan. Jangan sampai anak mengucek atau menggosok matanya saat tangannya dalam keadaan kotor.

Bintitan yang sudah berlangsung lebih dari dua minggu biasanya memerlukan tindakan bedah untuk menyayat bisul mata yang sudah mengeras. Tanpa bedah, bintil tidak hilang, menetap, dan sering kambuh.

Komentar
1 Komentar
Ayu Ardiana
Ayu Ardiana -

ok infonya.....