Hai Bunda, daftar disini

Sri Artina Sirwan

Sri Artina Sirwan

Umum

pengawasan bayi

macammana cara mengawasi bayi yg berumur dibawah 7 bln...apa senantiasa trus berada di sisinya atau adakah cara lain yg bijaksana

Komentar
4 Komentar
Ayu Ardiana
Ayu Ardiana -

salam kenal ya bun...

SUSI LOWATI
SUSI LOWATI -

salam kenal bunda semua.

Saridah Fachruddin
Saridah Fachruddin -

jika tidak dibiasakan anak bermain sendiri maka orang tua/pengasuh juga yang akan kewalahan. betapa tidak, jika anak terbiasa ditemani terus saat orang tua harus memenuhi kebutuhannya sendiri (mandi, ke kamar kecil misalnya) akan mengalami kesulitan. tapi jangan jadikan alasan karena untuk kemandirian anak, kemudian saat anak tiba-tiba menangis keras tidak ditengok. alih-alih jadi mandiri malah bahaya yang dihadapi anak.

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Berada di sisi bayi sebetulnya bukan hanya untuk pengawasan saja Bunda, tapi lebih untuk memberikan rasa tenang kepada bayi, juga untuk memberi stimulasi kepadanya. Namun kita kan nggak bisa selalu ada di sisinya. Cara yang paling bijak untuk bisa menjaga dia tetap aman adalah dengan teknik yang nama canggihnya adalah child proofing. Inti teknik ini adalah membuat rumah kita aman bagi bayi. Contohnya adalah dengan membuat satu pojokan untuk bayi bermain. Pojokan ini bisa berupa satu ruang yang cukup luas, bisa juga sekadar boks bayi. Di pojokan ini yang penting adalah adanya semacam pagar agar bayi tak gampang lolos ke luar dari ruang tersebut.

Di dalam pojokan tersebut Bunda bisa menyiapkan 2-3 mainan bayi (setiap minggu bisa diganti dengan mainan lain), alas empuk agar bayi bisa jatuh ke tempat yang aman dengan nyaman. Perhatikan juga bahwa JANGAN ada benda yang bisa menyebabkan anak luka atau tersedak di dalamnya, contohnya benda tajam atau benda yang mudah dicopot bagian-bagiannya atau benda berbentuk panjang (misalnya sikat gigi) yang bisa dimasukkan jauh ke dalam mulutnya.

Jika Bunda yakin anak aman, tentunya Bunda akan lebih tenang, tak gampang senewen dalam mengawasi anak. Dengan Bunda tenang, anak akan mampu mengeksplorasi dunianya dengan lebih optimal. Selamat mencoba Bunda!