Hai Bunda, daftar disini

Rina Afrila Viona

Rina Afrila Viona

Umum

merangsang nafsu makan pada anak

Bila anak tidak mau makan, jangan terburu-buru memberi obat penambah nafsu makan. Coba lihat dulu, atau tanyakan kepada si anak kenapa dengan pola makannya yang agak bermasalah.

Bagi para ibu, jika anaknya sulit makan akan menjadi pikiran, kepala jadi pusing, hati pun jadi jengkel. Bayangkan saja untuk menghabiskan satu piring nasi/setengah porsi besera lauknya butuh satu jam atau lebih untuk melicinkan piringnya. Itu pun juga masih dipancing dengan berbagai cara, sambil bercerita, bermain, atau jalan-jalan di sekitar rumah untuk memancing perhatiannya agar cepat dikunyah dan ditelan makanannya.

Jadi bagaimana agar nafsu makan anak tidak bermasalah? Untuk penggunaan obat penambah nafsu makan bukanlah satu-satunya jalan pintas yang harus ditempuh. Itu pun juga sebaiknya harus mengikuti dari saran dokter, karena banyak obat penambah nafsu makan justruk bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan si anak.


Sebagian besar obat penambah nafsu makan yang ditarik dari peredaran memang termasuk bahan (obat) yang mengandung antihistamin. Tak jarang bahkan digabung dengan bahan lain yang justru berlawanan sifatnya. Efek yang ditimbulkan pun patut dicatat, mungkin anak jadi suka mengantuk, mulut kering, dan efek samping lainnya yang biasa ditimbulkan oleh antihistamin.

Selain itu, ada juga obat penambah nafsu makan yang justru menekan atau mengurangi pelepasan hormon pertumbuhan anak. Ini jelas berakibat tidak baik pada anak karena proses tumbuh kembangnya bisa terhambat. Untuk itu, hati-hati menggunakan obat penambah nafsu makan yang bisa dibeli bebas tanpa petunjuk dokter.

Upaya memakai berbagai jenis obat untuk mengatasi menurunnya nafsu makan anak , sedapat mungkin dijadikan sebagai cara yang terakhir. Selama masih dapat diatasi dengan cara lain, mengapa tidak dicoba dulu? sebab, mungkin saja si anak tidak mau makan karena merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Bukan hanya orang dewasa saja, anak pun juga punya selera dan makanan kegemaran. Jika si anak tidak mood untuk makan menu yang satu, coba disediakan menu yang kedua. Atau bisa juga ditambah dengan variasi, misal, jika telor, bisa telor dadar, ceplok, kecap, semur, orak-arik atau dengan variasi telor di buat seperti boneka dengan diberi mata, hidung, mulut maupun telinga dan rambut. Dan agar tidak membosankan, bisa juga diberi warna, aroma juga tempat makannya yang berbentuk lucu.

Sumber karbohidrat mungkin juga bisa dibuat bervariasi. Tidak hanya terus-terusan nasi, bisa juga diganti kentang, roti, macaroni yang dibuat sedemikian rupa sebagai pengganti nasi, yang penting kebutuhan energi anak terpenuhi karena mereka memerlukan sumber energi yang cukup banyak. Demikian juga dengan sumber protein dari ikan, daging, kuning telor, tempe ataupun tahu.

Sebenarnya cukup banyak cara yang bisa ditempuh orangtua untuk membantu membangkitkan selera makan anak. Lakukan dengan cara yang alami terlebih dahulu. Kalaulah memang dirasa perlu memberikan obat atau vitamin untuk membantu meningkatkan nafsu makannya, gunakan dalam batas wajar dan jangan berlebihan. Dan ingatlah, jangan sembarang memberikan obat atau vitamin agar aman, sebisa mungkin tanyakan pada ahlinya, agar para orangtua tenang dan nyaman.

Komentar
3 Komentar
Adila Adila
Adila Adila -

Sore bunda, ni ada sedikit info mengenai tips agar merangsang napsu makan si kecil .

Beberapa faktor penyebab dan solusi mengatasinya, antara lain:

1. Bosan dengan makanan yang disajikan
Solusi: Bunda bisa membuatkannya hidangan yang lebih bervariasi, untuk itu bunda bisa memikirkan menu yang berbeda tiap minggunya. Tidak hanya itu. Bunda juga bisa berkreasi dengan masakan dan pintar-pintar mengolahnya. Jangan abaikan pula dalam menghidangkan masakan, sajikan dengan bentuk yang dapat menggugah selera makan si kecil.
2. Anak khawatir tidak dapat menghabiskan porsi yang sudah ditakar
Solusi: Tanyakan pada si kecil seberapa banyak porsi yang diinginkannya. Jangan memberikan porsi yang melebihih kapasitas perutnya.
3. Si kecil tidak mau makan karena sedang asyik bermain dengan temannya.
Solusi: Menjelang jadwal makan, segera hentikan aktivitas bermainnya.
4. Anak dalam kondisi sakit atau sedang merasa sedih
Solusi: Jangan paksakan anak bila kondisinya tiba-tiba tidak ceria, beri makanan sehat padat kalori yang ia sukai misalnya makaroni skutel
5. Terlalu banyak mengkonsumsi susu
Susu memang sangat baik untuk kesehatan, namun bagi orangtua yang agak kurang sabar untuk memberikan makanan padat biasanya sering menggantinya dengan susu untuk mencegah anak kelaparan. Hal tersebut sebenarnya tidak baik bagi anak berusia 1 tahun keatas, kebutuhan susu untuk anak diusia 1 tahun keatas adalah 2 gelas sehari.
Solusi: Mulailah melatih anak mengurangi konsumsi susu yang berlebihan dan menggantinya dengan berbagai makanan sehat.
6. Fase sikap membangkang anak
Pada usia 2 tahun ke atas ada fase dimana anak cenderung membangkang dan tidak mau mematuhi perintah. Bila disuruh makan si kecil suka melepeh dan melempar makanannya. Pada fase ini bila si kecil dipaksa maka ia akan semakin melawan. Bila dipaksakan masa si kecil akan semakin menolaknya.
Solusi: Bersikaplah komunikatif terhadap si kecil, jangan memaksanya namun tidak berarti juga Anda membiarkannya begitu saja.


SUMBER : INFOBUNDA.COM

Erni Anggraeni
Erni Anggraeni -

kasih kencur plus madu

Sinta Aprilia
Sinta Aprilia -

bunda...penambah nafsu makan sama atau tidak dengan suplemen makan?saya memberikan suplemen makan dan sekarang pertumbuhan nya agak terlambat,apa itu pengaruh dari suplemen itu?