Hai Bunda, daftar disini

Ika Indah Purwati

Ika Indah Purwati

Umum

mengatasi anak cengeng

anak saya 12 bln. kalau minta sesuatu dan gak dituruti suka nangis n kalau ketemu orang baru kadang suka nangis. gmn ya bunda caranya agar sikecil gak cengeng? terima kasih

Komentar
3 Komentar
PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Di mana-mana anak kalau minta sesuatu tak dituruti, biasanya menangis atau marah. Tapi kalau kemudian gara-gara nangis atau marah permintaannya jadi dituruti, maka anak akan tahu bahwa menangis atau marah adalah senjata untuk mendapatkan apa yang dia mau. Tentu saja dia akan mengulanginya terus.

Lain kali kalau anak menangis, santai saja menanggapinya, tak usah panik. Cukup peluk anak, tapi tetap tak diberikan apa yang dimintanya (kalau memang itu tak boleh). Yang penting konsisten, kalau sudah bilang tak boleh, ya jangan dibolehkan. Sebaliknya kalau sudah bilang boleh atau harus, ya lakukan. Lama-lama ia akan belajar dan jadi lebih mudah diatur, kalau Bunda juga jelas batas-batas aturannya seperti ini.

Triwik Sri Hartatik
Triwik Sri Hartatik -

ajak dia bersosialisasi bu,..... kalo sempet sore hari ajak jalan2 main2 dgn tetangga sebayanya, lama2 kalo dah kenal banyak orang dia akan berubah. Tidak cengeng lagi dan tidak takut sm orang lain.

Mariyatul Qibtiyah
Mariyatul Qibtiyah -

bunda....awalnya anakku jg seperti anak bunda....kalau ketemu orang baru suka nangis...tapi kini sudak ga lagi...aku biarkan dia berbaur main dengan teman2 baru dan aku suka ajak dia ketempat keramaian. jadi ga kaget dan takut.