Hai Bunda, daftar disini

YESSI FAWWAZ

YESSI FAWWAZ

Umum

kapan harus berhenti menggendong

Anda tentu sering melihat foto-foto selebriti Hollywood yang tampak sedang menggendong anaknya. Menggendong anak sering dikatakan lebih baik daripada meletakkan anak di kereta bayi. Namun, menjalin ikatan dengan sang ibu dan eksplorasi anak terhadap lingkungan akan sulit dilakukan jika ia terus-menerus berbaring di kereta bayinya.

Masalahnya, kita sering kali melihat bahwa anak-anak itu sudah terlalu besar untuk digendong. Courteney Cox, misalnya, terlihat menggendong putrinya, Coco, yang sudah berusia 6 tahun. Begitu pula dengan Katie Holmes, yang tampak susah payah mengangkat tubuh Suri, yang sudah berumur 5 tahun.

Ketika anak menjulurkan kedua lengannya ke atas, tanda minta digendong, haruskah orangtua selalu memenuhinya?

Setiap anak memang layak merasakan cinta dan kasih sayang orangtuanya, yang antara lain terwujud dalam bentuk sentuhan dan pelukan. Dan, tidak ada batasan usia mengenai kapan anak bisa mendapatkan kasih sayangnya. Anak boleh digendong ketika ia merasa capek, mengantuk, atau untuk memberi rasa nyaman ketika ia sedang merasa terganggu.

Namun, terus mengabulkan keinginan anak untuk digendong terus-menerus setiap kali ia merengek ternyata juga tidak baik. Anda juga perlu mengajarkan kepada anak bahwa ia sudah besar, tubuhnya sudah berat, dan bahwa ia sudah bisa berjalan sendiri. Dari sisi Anda sendiri, waspadai cedera pada punggung, leher, pundak, dan lengan akibat mengangkat tubuh anak yang berat di saat posisi tubuh Anda kurang sempurna.

Untuk mencegah cedera, coba lakukan beberapa hal berikut ini:
1. Perhatikan baik-baik cara Anda mengangkat tubuh anak. Jangan membungkukkan badan pada bagian pinggul, tetapi tekuk kaki Anda dan jaga posisi anak sedekat mungkin dengan tubuh Anda.
2. Istirahat sebentar ketika Anda mulai lelah. Atau, gendong anak sambil Anda duduk. Ketika Anda memang sedang duduk dan anak ingin digendong, mintalah ia untuk merayap ke pangkuan Anda.
3. Cobalah untuk mengganti posisi gendongan dari kanan ke kiri tubuh Anda. Jangan menggendong anak pada satu sisi saja dalam waktu lama.
4. Ketika anak sudah semakin besar, mereka sudah bisa menggunakan otot-otot tubuhnya, dan dapat memiringkan tubuhnya ke samping untuk menyeimbangkan diri. Saat itulah Anda bisa mulai menggendong anak di pinggang. Jangan lupa untuk memindahkan gendongan dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Bagaimana menurut Anda? Pada usia berapa anak tak perlu lagi digendong, dan apa yang Anda lakukan saat ia merengek ingin digendong?

Komentar
0 Komentar