Hai Bunda, daftar disini

Citra Dianingtyas

Citra Dianingtyas

Umum

kapan anak laki2 biasanya mulai bicara?

Dear FF dan bunda-bunda yang baik hati... anakku Alex sudah berumur 1thn 10 bln, tapi bicaranya masih kurang jelas dan hanya bisa satu-satu kata, belum bisa merangkai 2 atau 3 kata. Apa menurut FF dan pengalaman bunda-bunda sekalian, anakku masih dalam tahap normal atau ketinggalan yah? karena ponakanku laki-laki juga waktu seumur Alex sudah jelas bicaranya dan bisa merangkai 2 hingga 3 kata. Aku juga sudah sering beri stimulasi membacakan cerita, memutarkan lagu2, sering mengajaknya bicara. Minta pendapatnya yah...

Komentar
8 Komentar
Nur'Aini Rais
Nur'Aini Rais -

Anakku 19bln juga belum bisa bicara dengan lancar, dengan membaca artikel ini semakin membuatku semangat mengajak Azzam bicara.

Nur Fitriyanti, S. Pd I FITRI
Nur Fitriyanti, S. Pd I FITRI -

sabar ya bunda, memang anak adalah karunia yang sangat berharga bagi kita semua anak jangan terlalu di tuntut kayak orang dewasa karna ANAK adalah (Aku Nakal Aktif Kreatif). kemampuan anak ada yang di BAHASA, KOGNITIFNYA, MOTORIKNYA ada juga di SENINYA kita lihat saja diman letak potensi anak kita tinggal mengarahkannya. kalau dia sudah benar-benar siap maka ia akan bisa bicara dengan sendirinya.

Nur Sobah
Nur Sobah -

semua ada waktunya masing2 bunda kalau anak kita sehat semuanya pasti datang secara bertahap

Citra Dianingtyas
Citra Dianingtyas -

wah... terima kasih FF dan bunda-bunda yang udah mau berbagi dan kasih support. Pastinya aku akan makin semangat berkomunikasi dengan Alex... Thank You!!!

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Bunda Alex, terimakasih atas pertanyaan pertamanya. Ini pertanyaan yang sangat penting lho buat kita semua. Walaupun yang ditanya anak laki-laki, sebetulnya tidak ada perbedaan berarti antara anak laki dan perempuan dalam perkembangan bicara.

Standar internasional untuk perkembangan bicara anak, 18 bulan harusnya sudah bisa mengucapkan kata pertamanya. Tidak harus sangat jelas, namun memang betul-betul mengacu kepada bendanya. Misalnya ketika mengucap ’mama’ dia betul-betul bermaksud memanggil mamanya, bukan kata ’mama’ untuk benda lain seperti bola, mainan, susu, dll (yang bentuk pengucapannya jauh dari ’mama’). Kalau 18 bulan (apalagi jika umurnya lebihtua ) sama sekali belum punya kata pertama, ada baiknya segera dibawa ke Klinik Tumbuh Kembang Anak di rumah sakit terdekat. Para ahli akan mengecek apakah perkembangan anak ini normal dan sekadar memerlukan stimulasi tambahan, ataukah ada gangguan lain yang memerlukan tindakan penanganan segera, dan harus dilakukan sebelum anak berusia 2 tahun (mengejar perkembangan otak anak).

Biasanya antara 18-24 bulan, anak mulai mengucapkan banyak kata, tapi hanya satu-satu kata. Sepertinya Alex termasuk yg di sini kan? Kalau betul, ya normal saja artinya buat dia.

Merangkai kata sebagai kalimat adalah standar untuk anak usia 2 tahunan. Kalimatnya tentunya jangan diharapkan ’baik dan benar’, terkadang bahkan artinya sedikit ’nggak karuan’. Contohnya, ”Mama maem” bukan berarti mama disuruh makan tapi mama aku minta makan.

Nah Bunda Alex, untuk lebih meningkatkan kemampuan bahasanya, stimulasinya tetap harus diteruskan. Tambahkan juga bujukan untuk dia bicara, misalnya sekarang kalau dia mau minta sesuatu, tanya dulu kepadanya, ”Ini namanya apa?” jangan langsung diberikan. Kalau sudah bisa mengucapkan nama bendanya, ditingkatkan dengan anak diminta mengucapkan kalimat, misalnya, ”Mama, ambilkan puzzle dong.” Lama-kelamaan pasti deh dia semakin mahir mengucapkan ini semua. Selamat mencoba!

Susiyati Idris
Susiyati Idris -

ada satu kebiasaan yang lumrah terjadi dimasyarakat kita, mengajak berbicara balita dengan kata-kata yang kurang jelas alias cadel, padahal apa yang anak dengar itulah yang nanti akan ia ucapkan dan ikuti. bunda.. memang kemampuan setiap anak berbeda, tapi pada usia 1th 10bln masih dalam batas toleran bila anak belum lancar berbicara, terus semangat dan jangan bosan untuk menstimulasi anak, pada saatnya sianak akan berbicara lugas dan bercerita lucu pada bunda, go....! bunda

Nani Rusmawati Dzikron
Nani Rusmawati Dzikron -

betul sekali bunda.....semua tergantung kemampuan anak dan stimulasi bunda...goodluck yach...jangan menyerah....semangat....

Aris Sriwijayanti
Aris Sriwijayanti -

bunda..janganlah membandingkan kemampuan anak anda dengan yang lainnya,yang hanya mengakibatkan bunda bermotifasi untuk mencari kekurangan sikecil saja.karena setiap anak akan berbeda2.mungkin anak tetangga udah bisa begini,namun belum bisa itu begitu sebaliknya.lebih baik bunda ajak dia selalu ngobrol atau berkomunikasi terus,agar kosakata sikecil terus bertambah.tidak apalah dia saat ini belum mampu bicara dalam 3kata(merangkai)namun setiap apa yang bunda ajarkan sebenarnya akan masuk di memory dia,semakin rajin menstimulasi semakin besar kemampuan sikecil bun...semangaaaaaaaaaaat