Hai Bunda, daftar disini

Aulia Saputri

Aulia Saputri

Umum

cara memberi makan anak agar tidak kegemukan

Mungkin sulit untuk menjaga anak-anak untuk tetap memiliki berat badan normal atau sehat. Para ahli mengatakan bahwa, cara terbaik adalah dengan membiasakan anak untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Dan diet makanan sehat tersebut juga berlaku untuk diri kita sendiri, agar dapat menjadi contoh yang baik bagi anak-anak. Namun, biasanya anak-anak cenderung menyukai makanan yang tampilannya menarik atau makanan manis yang sering diiklankan di berbagai media.

Makanan manis mengandung gula yang tinggi, sehingga tidak sedikit jumlah anak yang mengalami obesitas. Seorang anak dianggap menderita obesitas bila berat badannya sudah 20 persen melebihi berat badan sehatnya.

Penyebab obesitas dapat karena akibat mengonsumsi kalori melebihi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Selain itu mungkin juga karena aktivitas fisik anak terlalu sedikit. Faktor-faktor penyebab obesitas antara lain:

1. Faktor keturunan
Apabila salah satu atau kedua orang tua obesitas, maka anak-anak mereka juga cenderung juga akan mengalami obesitas.

2. Aktivitas fisik kurang
Jika anak banyak menghabiskan waktu di depan televisi, games, atau komputer dapat menyebabkan kalori yang tidak terpakai diubah menjadi lemak

3. Kelebihan makan
Obesitas pada keluarga yang anggota keluarganya tidak ada riwayat obesitas, umumnya disebabkan karena kelebihan makan.

Untuk mencegah anak menjadi obesitas memang harus diajarkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat sedini mungkin. Menurut American Academy of Family Physicians cara orangtua untuk mengajarkan mengonsumsi makanan yang sehat untuk anaknya agar tidak kegemukan seperti yang dikutip dari Epharmapedia, Kamis (20/10/2011) adalah:

1. Memberikan diet makanan sehat pada anak
Diet tersebut meliputi makanan yang sehat bergizi dan seimbang, termasuk banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Pastikan untuk menghitung asupan kalori, sesuai dengan usia anak.

2. Batasi minuman manis tidak lebih dari satu porsi per hari.
Anjurkan anak untuk lebih banyak minum air putih, agar anak tidak terlalu banyak mengonsumsi minuman manis.

3. Buatlah kebiasaan diet makanan sehat untuk keluarga.
Makan bersama di meja makan dengan menu makanan sehat dapat membiasakan anak untuk mengonsumsi makanan sehat. Tentunya diet makanan sehat tersebut juga berlaku untuk semua anggota keluarga agar dapat menjadi contoh yang baik bagi anak-anak.

4. Jangan menyuruh anak untuk makan ketika tidak lapar atau untuk menghabiskan semua makanan yang sudah ada di piring
Biarkan anak makan secara perlahan-lahan dan berhenti makan ketika mereka mulai merasa kenyang. Jangan dipaksa untuk menghabiskan makanan yang sudah diambil anak ke piring yang ia pakai.

5. Jika ingin memberikan hadiah untuk anak, tawarkan hadiah selain makanan.
Jika memberikan hadiah pada anak berupa makanan mungkin dapat membuat anak terlalu berorientasi terhadap makanan. Sehingga sebaiknya jika akan memberikan hadiah pada anak jangan berupa makanan.

6. Batasi makanan cepat saji.
Pada makanan cepat saji biasanya mengandung kalori tinggi. Sehingga apabila anak sering mengonsumsi makanan cepat saji, dapat menyebabkan obesitas.

Komentar
0 Komentar