Hai Bunda, daftar disini

Sri Artina Sirwan

Sri Artina Sirwan

Umum

anak slalu isap jari

assalamualaikum
kenap ya sikecil saya selalu aja bermain dgn jarinya dan trus masuk mulut utk di isap..apa mo tumbuh gigi ya..pdhal umur baru 3 bln lbh

Komentar
7 Komentar
SUSI LOWATI
SUSI LOWATI -

oooo,begitu.trims infonya

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Ada ahli bernama Sigmund Freud yang bilang bahwa anak 0-2 tahun berada di fase oral. Artinya, ia akan senang memasukkan apapun ke dalam mulutnya karena ’kepuasannya’ ada di sana. Arti lainnya, masih sangat normal jika anak sampai usia 2 tahun masih juga memasukkan barang ke mulut. Sebaiknya anak dibolehkan memasukkan beberapa benda ke mulutnya, khususnya benda yang bersih, lebih baik bukan jarinya. Tapi jangan sampai juga terlalu sering memasukkan benda ke mulut ya Bunda. Sesekali, ketika dia sedang memasukkan jari ke mulut, alihkan perhatiannya dengan mengajaknya bermain, meminta dia memegang dan mengamati suatu mainan.

Karena anak masih dalam fase oral, lebih baik Bunda lebih berhati-hati ketika menaruh berbagai benda. Jangan sampai menaruh sembarangan benda-benda yang tajam, kecil, panjang dan beracun. Ingat selalu kalau menaruh barang, apakah benda ini aman kalau diemut si kecil. Jangan sampai dia keracunan atau tersedak hanya gara-gara mengemut benda yang dia tak tahu bahwa itu tak aman.

Jadi repot? Yah, begitulah memang seninya menjadi orangtua. Tapi tenang saja, bukankah kebahagiaannya juga besar?

Della Pratikno
Della Pratikno -

anak saya umur 3bln jg begitu...tidak hanya tangan/jari yg diisap tp apapun yg di dekatnya pasti diisap. tp selalu saya alihkan perhatiannya ke hal lain yg lbh menarik. shg tdk terus2an isap jari.saya jg pernah konsultasi ke dokter mengenai hal ini dan menurut dokter pada usia2 segitu wajar klo memasukkan apa saja ke dalam mulut. kebiasaan itu nanti akan hilang sendiri. jd bunda tidak perlu khawatir...

ENDAH Wahyu Ningrum
ENDAH Wahyu Ningrum -

Iya bun...Anak saya dl jg seperti itu...Tapi alhamdulillah itu hy beberapa bln dan hilang dg sendirinya...Tapi ad jg tetangga saya yg smp besar <sma> masih sk menghisap jempol bila sdg sendiri...

Susiyati Idris
Susiyati Idris -

Bunda.......setiap bayi suka menghisap jarinya, kebanyakan jempol atau telunjuk, tapi hati - hati ya bun, jangan sampai keterusan, nanti susah buat ngelarangnya karena sudah jadi kebiasaan, seperti anak saya sekarang sudah usia 1,5th masih suka isap jempol dan saya kerepotan dibuatnya karena susah sekali untuk dilarang.

Yuningsih Setiawati
Yuningsih Setiawati -

Anak saya yg skrang berumur 4 bln jg suka begitu,biasanya sech itu tanda2 kalau dia sudah mulai haus. Biasanya kalau mulai menghisap jari langsung deh saya kasih asi.

Dina Mustikasari
Dina Mustikasari -

bun.. kayanya hampir semua bayi seperti itu ya...
dulu anak2 saya jg gitu.. disiasati dgn mengajaknya bermain (bernyanyi smbl bertepuk tangan, dll), atau berikan mainan yg berbunyi jd anak lbh tertarik bermain drpd memasukan tangannya ke mulut.