Hai Bunda, daftar disini

JULI SUSILOWATI

JULI SUSILOWATI

Umum

"Ulah" Janin di Perut Ibu

"Ulah" Janin di Perut Ibu

• Bagaimana ulah janin di dalam kandungan? Intip saja pakai alat USG. Namun, akuratkah informasi yang disuguhkan?
Alat USG hanyalah alat bantu yang tidak tertutup kemungkinan menyuguhkan informasi yang kurang tepat. Selama alat ini bekerja, gelombang suara harus menerobos berbagai jaringan tubuh, sehingga pasti mengalami bias.
• Selain itu, akurasi informasi hasil USG pada ibu hamil, sangat bergantung pada pengalaman, pengetahuan dan etik dokter yang menanganinya, alias ‘the man behind the gun’. Misalnya, pada USG dari dinding perut dikatakan bahwa letak plasenta menutupi jalan lahir (plasenta previa).

Bagi dokter yang tidak berpengalaman, tanpa pikir panjang bisa saja dilakukan operasi caesar pada ibu hamil saat persalinan. Padahal, jika dilakukan konfirmasi dengan pemeriksaan USG melalui vagina, hasilnya akan lebih akurat. Mungkin saja diketahui bahwa sebenarnya tidak ada yang salah dengan letak plasenta, atau memang benar letak plasenta menutupi jalan lahir.

Untuk seorang ahli USG, masalah dimensi bukanlah hambatan untuk menilai keadaan janin atau organ yang diperiksa. Hampir seluruh kelainan bawaan dapat didiagnosis dengan USG 2 D. Hanya saja, pemeriksaan USG 3 D dan 4 D akan lebih membantu visualisasinya, sehingga pasien pun dapat mengerti ketika melihat gambarnya. Misalnya, pada USG 3 D atau 4 D banyak fitur-fitur yang membuat wajah janin terlihat lebih nyata, gambar seperti rontgen, CT-Scan, serta dapat mengkalkulasikan volume suatu kista, folikel sel telur, maupun miom.

Kegunaan lain alat USG bisa digunakan sebagai alat pemandu bila dokter mau melakukan penyedotan cairan ketuban pada ibu hamil, cairan kista, serta menuai sel telur pada proses membantu terjadinya kehamilan dengan cara bayi tabung.
• Untuk itu, lakukan pemeriksaan USG pada ibu hamil oleh dokter yang menguasai cara pemeriksaan dan cara “membaca” hasil pemeriksaan, serta menuliskannya dalam suatu tulisan pendapat ahli. Dengan sendirinya, laporan ini dapat menjadi bukti klinis yang dipergunakan sebagai pedoman perawatan pasien dan sumber informasi yang berguna bagi dokter yang lain.

Komentar
1 Komentar
Marisa Rianty
Marisa Rianty -

seharus pelatihan untuk para dokter di lakukan agar mereka bisa lebih ahli