Hai Bunda, daftar disini

Fitri Dwi

Fitri Dwi

Umum

Tips Menyiapkan Makanan Bekal Sekolah

Tips Menyiapkan Makanan Bekal Sekolah

Ketika anak mulai memasuki sekolah play group maupun TK, sebagai orang tua tentunya ada perasaan senang mengantarkan dan menyiapkan semua keperluan sekolah termasuk bekal makanannya. Namun seringkali terjadi anak kurang berselera menyantap bekal makanan yang kita buatkan, mereka malah memilih membeli jajanan yang tidak sehat di dekat
sekolah.

Nah, bagaimana caranya agar bekal yang kita berikan menjadi bekal yang disukai anak untuk disantap? Mari ikuti tips berikut.

1. Kreasi
Hendaknya bekal sekolah dikreasikan dalam bentuk yang menarik, mudah dibawa, mudah disantap anak, dan mempunyai cita rasa yang enak. Caranya adalah dengan menyajikan bekal yang terbuat dari bahan yang beraneka ragam tanpa meninggalkan keserasian dalam cita rasa.

2. Aman dan tidak repot bagi anak
Sebaiknya makanan dikemas atau ditaruh pada satu wadah agar anak tidak repot membawanya. Lengkapi dengan menggunakan peralatan yang aman bagi anak, tidak mudah pecah dan tidak mengandung bahan-bahan yang membahayakan seperti halnya sendok, pisau, garpu yang dibuat dari plastik atau bahan lain yang tidak mudah pecah atau tajam.

3.Higienis dan sehat
Usahakan menyajikan makanan dalam keadaan bersih dan higienis. Lebih baik lagi dalam bentuk “one dish meal” atau hidangan sepinggan, agar dalam satu hidangan kandungan gizinya sudah lengkap. Hindari menggunakan zat bahan makanan tambahan yang dapat membahayakan kesehatan anak kelak.

4. Menarik bila diceritakan
Berikan keterangan mengenai jenis makanan yang Anda bawakan agar sejak dini anak sudah mengenal dunia kuliner. Informasi semacam itu sangat penting untuk menunjang kesehatan anak pada kehidupan dimasa mendatang. Manfaat lainnya, anak akan lebih menikmati hidangan karena ada cerita dibalik penyajiannya.

5. Jadwal menu
Buatlah jadwal jenis menu yang akan mereka bawa. Sebaiknya setiap hari bervariasi sehingga anak tidak terjebak dalam kebosanan dan hanya menyukai jenis makanan tertentu.

6. Persiapan
Persiapkan bekal pada malam hari untuk diolah dipagi hari sehingga tidak repot dipagi hari dan cepat selesai mengolahnya. Selain dipersiapkan dimalam hari, buatlah menu-menu yang praktis dan tidak memakan waktu untuk memasaknya.

Selamat mencoba..

Komentar
1 Komentar
Haja Haja
Haja Haja -

info yang bermanfaat sekali,ok di tunggu info berikutnya