Hai Bunda, daftar disini

Disah Ekowati

Disah Ekowati

Umum

Tahap-Tahap Awal Perkembangan Bayi Usia 0-3 Bulan

Memahami perkembangan buah hati sejak ia lahir merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Karena dengan demikian orang tua akan dapat mengetahui secara lebih dini jika terjadi gangguan atau keterlambatan pada perkembangan bayi. Usia 0-3 bulan merupakan masa penting bagi seluruh kehidupannya kelak.

Ada sejumlah kriteria yang menunjukkan bahwa bayi memiliki perkembangan yang optimal, yaitu perkembangan berat badan, otak, otot motorik kasar, otot motorik halus, kemampuan berbicara dan perkembangan emosi bayi.

Bayi yang baru lahir terkadang mengalami sedikit penurunan berat badan dalam minggu pertama, tetapi ini adalah hal yang biasa. Dengan asupan nutrisi yang baik dari ASI, berat badan bayi akan segera pulih dan bahkan akan terus bertambah seiring bertambahnya usia bayi. Idealnya berat badan bayi usia 0-3 bulan akan bertambah sekitar 500-1200 gram setiap bulannya, dan genap pada usia 3 bulan tinggi badan bayi akan meningkat sebanyak 20% dari tinggi badannya saat lahir. Perhitungan ini bukanlah patokan baku bagi semua bayi, asalkan berat badan bayi bertambah setiap bulan maka bisa dikatakan perkembangan bayi dalam keadaan normal.

Bayi usia 0-3 bulan memiliki siklus tidur yang lama. Ini adalah hal yang alami karena sesuai dengan kebutuhan perkembangannya, salah satunya pertumbuhan otak. Saat bayi sedang tidur, aliran darah ke organ otak berjalan secara optimal sehingga pertumbuhan sel otak berjalan dengan baik pula. Perkembangan otak inilah yang menjadi penyebab peningkatan kecerdasan bayi dan pengatur semua aktifitas tubuh bayi.

Secara fisik perkembangan otak bayi usia 0-3 bulan dapat terlihat dari ukuran lingkar kepala bayi yang terus bertambah setiap bulannya. Center for Autism Research of San Diego’s Children’s Hospital menyebutkan hasil riset bahwa adanya korelasi yang kuat antara ukuran lingkar kepala dengan volume otak yang menjadi indikasi adanya perkembangan otak di dalam kepala. Ukuran lingkar kepala normal bayi baru lahir adalah 34-35 cm. Pada usia 0-3 bulan, lingkar kepala bayi akan terus bertambah 2 cm setiap bulannya.

Perkembangan otot motorik kasar bayi usia 0-3 bulan dapat dikatakan berkembang dengan baik jika bayi mampu menggerakkan tungkai kedua kaki dan tangan secara aktif. Bahkan banyak bayi telah mampu menghentakkan kedua kakinya ke kasur dengan kuat. Selain itu perkembangan bayi yang baik juga terlihat dari kemampuan bayi dalam mengangkat kepala pada posisi tengkurap. Sementara perkembangan otot halusnya terlihat pada kelincahan mata bayi dalam mengikuti arah suara, warna dan cahaya. Juga dari gerakan refleks jari-jari bayi dengan menggenggam kuat saat sesuatu ditempelkan pada telapak tangannya.

Pertumbuhan bayi yang baik juga ditunjukkan dengan berkembangnya kemampuan berbicara bayi dan emosional bayi. Bayi usia 0-3 bulan memang belum dapat berbicara, tetapi sebenarnya ia telah mampu berkomunikasi dengan orang lain di sekitarnya. Kemampuan komunikasi dasar bayi usia ini adalah mengoceh, bereaksi terhadap suara, dan menangis dengan suara yang kuat.

Tetapi dengan beberapa metode, orang tua dapat meningkatkan perkembangan berbicara bayi pada tahap yang lebih tinggi, salah satunya dengan program bahasa isyarat bayi. Sementara perkembangan emosi bayi akan mulai tampak pada bulan pertama, misalnya bayi mulai mampu membalas senyuman ibu atau sering tersenyum sendiri.

Pertumbuhan bayi pada 3 bulan pertama usianya merupakan proses yang berjalan cepat, jadi orang tua tak perlu terlalu khawatir terjadi gangguan pada bayinya. Asalkan orang tua memastikan bahwa bayi mengalami peningkatan aktifitas dalam gerak, berat dan tinggi badan, serta dalam meminum ASI.

Komentar
1 Komentar
IkaDian Sari
IkaDian Sari -

hallo bunda.....ty tipnya.....