Hai Bunda, daftar disini

Hepi Kismiatun

Hepi Kismiatun

Umum

Share ramuan tradisional tuk meningkatkan nafsu makan anak

Seringkali kita repot memikirkan anak kita yang tidak nafsu makan. Biasanya Anak yang tidak nafsu makan Asupan gizinya jadi kurang terjaga juga. Kalau anak suka ngemil bisa disiasati dengan membuatkan camilan yang yang bergizi. Akan tetapi jika anak juga kurang suka camilan yang sehat agak repot juga untuk memenuhi asupan gizinya.

Untuk memenuhi Asupan Gizi anak, ibu harus membuat anak bernafsu makan. Kalau pada jaman dahulu seringkali Nenek moyang kita jika anak mereka tidak nafsu makan, mereka hanya membikinkan ramuan sendiri dari bahan-bahan alami untuk meningkatkan nafsu makan anak. Biasanya ramuan-ramuan tersebut cukup ampuh untuk membuat anak nafsu makan.

Berikut beberapa ramuan herba untuk meningkatkan nafsu makan anak :
1. Temu hitam dan daun pepaya
* Bahan dan cara membuatnya : Cuci bersih 10 gr rimpang temu hitam, 10 gr daun pepaya, 1 gr buah pala. Tumbuk halus, seduh dengan 1 gelas air panas. Saring setelah agak dingin, beri sedikit gula aren atau madu. Minum satu jam sebelum sarapan, atau 2 – 3 jam setelah makan selama 5 hari.
* Dosis : usia 2 – 5 th 2 x 1/4 gelas perhari, 6 – th 2 x 1/2 gelas perhari.

2. Daun pepaya
* Bahan dan cara membuat : Segenggam daun pepaya muda yang masih segar dicuci bersih lalu tumbuk halus. Masukkan kedalam 1 gelas air matang yang hangat, tambahkan madu, aduk rata, lalu peras dan saring.

3. Temu hitam
* Bahan dan cara membuatnya : Ccuci bersih 1/2 – 1 jari temu hitam, parut aduk dengan 1 cangkir air hangat. Saring, endapkan beberapa saat. Ambil beningnya, tambahkan garam dan gula aren / jawa secukupnya, aduk rata. Minum 1 x sehari selama 3 hari, satu jam sebelum makan, pada pagi atau sore hari.
* Dosis : usia 2 – 5 th 3/4 cangkir perhari, 6 – 12 th 1 cangkir perhari.

4. Brotowali
* Bahan dan cara membuat : Cuci bersih 4 helai daun brotowali segar ukuran sedang. Rebus dalam 2 gelas air sampai airnya tinggal setengahnya. Diamkan dan saring, tambahkan mad secukupnya untuk mengurangi rasa pahit. Minumkan selagi hangat.
* Dosis: usia 2 – 5 th 2 x 1/4 gelas perhari, 6 – 12 th 2 x 3 sdm perhari.

5. Lempuyang wangi
* Bahan dan cara membuat : Cuci bersih 1,5 jari lempuyang wangi, lalu parut. Tambahkan 5 sdm air matang hangat, lalu saring dan peras. Minumkan selagi hangat.
* Dosis : usia 2 -5 th 2 x 2 cm sdm perhari, usia 6 – 12 th 2 x 3 sdm perhari.

Komentar
3 Komentar
Ima Sitirohmah
Ima Sitirohmah -

bun bisa gak untuk anak usia 1 tahun soalnya anaku lg susah makn nih

Hepi Kismiatun
Hepi Kismiatun -

iya bun...ramuan nenek moyang heheh

Mega Perbawati
Mega Perbawati -

wah bagus banget bun, thank u