Hai Bunda, daftar disini

Arbayanti Bachtiar

Arbayanti Bachtiar

Umum

Pola Asuh Pengaruhi Kepribadian Anak

Bila kita tidak ingin memiliki anak dengan perilaku buruk, kuatkan hubungan emosi kita dengan si buah hati. Anak yang diasuh dalam rasa aman dan kedekatan emosi yang erat dengan ibunya akan tumbuh menjadi anak dengan perilaku baik.

Komentar
2 Komentar
PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Bunda, benar sekali bahwa pola suh orangtua terhadap anak bisa mempengaruhi perilaku anak. Diana Baumrind seorang psikolog perkembangan yang mendalami tipe parenting (pengasuhan) membagi tipe pengasuhan menjadi 4 yaitu authoritarian, permissive, authoritative dan uninvolved. Berikut adalah penjelasan mengenai keempat tipe tersebut dan pengaruhnya pada anak :
1. Authoritarian
Pada tipe pengasuhan ini anak diminta untuk tunduk pada aturan ketat yang dibuat oleh orangtua. Jikalau anak gagal mematuhi aturan maka anak akan diberikan hukuman. Orangtua yang menerapkan pengasuhan Authoritarian jarang memberikan alasan mengenai aturan yang dibuat. jika anak bertanya maka orangtua akan menjawab "ya karena aturannya begitu atau karena bunda bilang begitu". Orangtua dengan tipe ini juga memberikan tuntutan yang tinggi tapi tidak responsif terhadap anak-anaknya. Anak-anak yang dibesarkan dengan tipe pengasuhan ini akan cenderung tumbuh menjadi anak yang sangat patuh namun memiliki tingkat kebahagiaan, kompetensi sosial dan self esteem yang lebih rendah.
2.Permissive
Orangtua yang permissive biasanya dikenal juga sebagai orangtua yang memanjakan anaknya. Mereka hanya sedikit sekali memberikan tuntutan kepada anak-anaknya. Orangtua ini juga jarang menerapkan disiplin karena mereka juga cenderung memiliki harapan yang rendah terhadap kematangan dan kontrol diri anak mereka. Anak yang dibesarkan dengan tipe pengasuhan ini cenderung tumbuh menjadi anak yang memiliki kebahagiaan dan self regulation (kemampuan untuk mengatur diri) yang lebih rendah. Mereka juga cenderung memiliki masalah dengan otoritas dan cenderung memiliki performa yang buruk di sekolah.
3. Authoritative
Seperti tipe authoritarian, orangtua dengan tipe pengasuhan authoritative membuat aturan dan guideline yang harus dipenuhi oleh anak mereka. Perbedaannya mereka yang menerapkan pengasuhan authoritative lebih demokratis, lebih responsif dan mau mendengarkan pertanyaan anak mereka. Ketika anak mereka gagal memenuhi aturan, orangtua dengan pengasuhan ini akan lebih sering memberikan pengertian daripada menghukum anak. Anak yang dibesarkan dengan tipe pengasuhan ini akan cenderung tumbuh sebagai anak bahagia, merasa mampu dan sukses
4. Uninvolved
Pada tipe pengasuhan ini karakteristik utamanya adalah sedikitnya tuntutan, rendahnya responsifitas orangtua dan sedikitnya komunikasi dengan anak. Mereka memenuhi kebutuhan dasar anak namun memiliki hubungan yang berjarak dengan anaknya. Dalam kasus yang ekstrem, orangtua yang memiliki pengasuhan ini juga cenderung mengabaikan kebutuhan si anak. Anak yang dibesarkan dengan tipe pengasuhan ini akan cenderung tumbuh menjadi anak memiliki kualitas yang rendah dalam semua aspek kehidupan mereka. Anak anak ini akan kurang memiliki self control. self esteem yang rendah dan kompetensi yang rendah dibandingkan teman-temannya.

Nah, bunda dari keempat tipe pengasuhan ini yang terbaik adalah tipe pengasuhan authoritative. Namun untuk lebih menghasilkan anak dengan kualitas yang positif pengasuhan ini harus konsisten dijalankan oleh dua belah pihak baik bunda maupun ayah.

Selamat mengasuh si kecil


Sri Rohyati
Sri Rohyati -

betul bunda.. setuju ..