Hai Bunda, daftar disini

Cornelia Christy Setyawati

Cornelia Christy Setyawati

Umum

Permainan Menyehatkan Untuk Anak

Bun aku habis dapat artikel menarik nih ...
Bermain adalah dunia anak. Sementara permainan sendiri banyak ragamnya, dan tidak semuanya bernilai sama di mata kesehatan. Tidak dapat dipungkiri, tuntutan jaman membuat permainan anak menjadi serba teknologi, sehingga yang dibutuhkan anak untuk memainkannya hanyalah duduk dan membuat kesempatan untuk menggerakkan sekujur tubuh kian minimal. Itulah yang menyebabkan anak kebanyakan kini menjadi obesitas dan kurang sehat.



Namun ada jenis permainan yang banyak bergerak sekaligus menyehatkan anak Anda, permainan-permainan ini dibagi sesuai dengan rentang umur anak Anda:



A. Usia satu setengah tahun hingga dua tahun

Permainan ini bisa dilakukan saat buah hati Anda mulai dapat bergerak, berjalan dan berlari dengan benar. Umumnya hal ini dilakukan saat anak berusia 1,5 hingga 2 tahun. Tetapi yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan anak Anda saat mereka bermain.


1. Anda dapat mulai mengajari anak Anda bermain ayunan, memanjat tangga, berlari-lari, di halaman atau di taman bermain untuk umum.
2. Biarkan anak Anda bermain air di pancuran, kolam renang, dan lain-lain. Beri anak Anda cangkir plastik untuk menuang air dan ember plastik kecil untuk menampung air.
3. Anda juga dapat mengajarkan kepada anak bagaimana menendang sebuah bola besar ke arah tonggak-tonggak agar roboh. Bola dapat dibuat dari potongan koran atau kain, tonggak dapat dibuat dari kotak atau kaleng susu dan lain-lain.



B. Usia dua tahun hingga tiga tahun

Di usia dua tahun, anak cenderung suka dengan hal yang tidak teratur, bebas dan tanpa peraturan. Umumnya adalah permainan yang mempunyai banyak gerakan menyenangkan namun tetap menyehatkan.


1. Ajak anak Anda untuk bermain “ular naga”, merangkak di kolong meja, berjinjit mengelilingi kursi, melompat di atas bantal dan lain-lain.
2. Tunjukkan kepada anak Anda cara melempar sebuah bola besar ke arah Anda. Kemudian lemparkan kembali bola itu kepada anak Anda sehingga ia dapat menangkapnya.
3. Ajari anak Anda agar ia bisa melompat jauh dengan kedua kakinya bersamaan. Letakkan sebuah handuk tua di lantai, ajari anak melompatinya. Atau buat garis di tanah dengan sebuah tongkat atau di lantai dengan sebuah kapur tulis, sebagai batas lompatan.



C. Usia tiga tahun hingga empat tahun

Banyak perkembangan yang terjadi pada si kecil. Pada usia ini anak Anda telah dapat bermain permainan yang menyangkut keseimbangan.


1. Ajak anak Anda bermain "menangkap bola”, gunakan bola sebesar bola tenis. Sekali-kali bola dilempar ke arah anak Anda, minta ia menangkapnya, kemudian melempar kembali ke arah Anda.
2. Bermainlah keseimbangan. Di halaman rumah, letakkan papan sempit, atau buat garis lurus dengan tali rafia/kapur. Tunjukkan pada anak Anda cara berjalan di atas papan/garis lurus dengan merentangkan kedua lengan/ tangan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Tetap berjaga-jagalah agar anak Anda tidak jatuh ke daratan yang keras. Anda dapat bermain di rerumputan yang empuk atau Anda harus selalu siap untuk menangkapnya jika terjatuh.
3. Ajaklah anak Anda ke kebun binatang, ajak dia untuk bermain meniru jalan binatang. Tunjukkan pada anak cara binatang berjalan, misal anjing berjalan dengan kedua kaki dan tangan. Lalu bermainlah tebak-tebakan binatang dengan menirukan cara berjalan binatang tersebut.



D. Usia empat tahun hingga lima tahun

Umumnya perkembangan dan stimulasi anak Anda pada usia ini sangat pesat sekali. Jika asupan gizi dan nutrisi si kecil cukup, pada rentang usia ini anak Anda akan menunjukkan kegiatan yang menggemaskan sekaligus membanggakan hati. Pada rentang usia ini, mulailah untuk mengajak anak Anda dan teman-temannya bermain bersama.


1. Ajari anak Anda dan teman-temannya bermain lompat karung. Ambil karung/kain sarung yang cukup lebar untuk menutup bagian bawah tubuh dan kedua kaki anak. Tunjukkan pada anak dan t

Komentar
3 Komentar
Lia Prawita Sari
Lia Prawita Sari -

makasih ya bunda artikelnya, anak saya usia 1,5 tahun sering saya ajak lari2 ditaman. tinggal yang lainnya saya praktekin deh.

Cornelia Christy Setyawati
Cornelia Christy Setyawati -

sama-sama bund, aku juga baru dapat artikelnya pagi ini trus aku share sekalian

Erni Rahmawati
Erni Rahmawati -

Thks infonya