Hai Bunda, daftar disini

Fitri Nurlela

Fitri Nurlela

Umum

Pendidikan Sex Buat Anak....

Bunda terkadang kita selalu khawatir terhadap anak dengan pendidikan sex. Mungkin takut gimana..gitu....Perlu bunda ketahui bahwa pendidikan sex harus dikenalkan kepada anak sejak dini,kenapa?karena hal ini penting sekali. Terkadang kita mungkin menyepelekan hal ini,padahal sebaliknya bahwa pendidikan sex itu penting untuk anak anak kita.
Di usia 2th anak mulai paham bahwa ia berjenis kelamin laki-laki atau perempuan... Nah disinilah tugas kita sebagi orang tua, berikut hal-hal yang harus kita lakukan dalam memberikan Sex Education,kepada anak-anak :
1. Jelaskan bahwa alat kelamin juga disebut kemaluan, yang berarti malu bila dilihat dan disentuh oleh orang lain. Ajarkan agar ia selalu menutup bagian kelaminnya dengan pakaian yang sopan.Untuk jangka pendek, ini penting untuk mengajarkan si kecil menghargai dirinya sendiri serta terhindar dari penistaan seksual.
2. Beritahu anak nama sebenarnya untuk alat kelaminnya.Hindari istilah lain seperti “burung” atau cipit untuk menyamarkan hanya karena anda merasa risih. Ucapkan dengan istilah yang benar seperti penis dan vagina (istilah anatomi). Untuk jangka panjang, pengetahuan ini penting agar anak menyabutkan alat kelamin dengan istilah yang benar agar terhindar dari penyebutan yang terkesan vulgar/porno.
3. Ajarkan cara menjaga kebersihan bagian kelamin. Misalnya untuk anak perempuan, ajarkan cara membersihkannya setelah buang air kecil. Untuk anak laki-laki dan perempuan minta untuk tidak menggaruk alat kelamin agar tidak lecet dan luka.
4. Kenalkan perbedaaan diri anak dengan jenis kelamin lain sehubungan dengan identitas gender, bukan perbedaan peran gender.

Semoga kita bisa memberikan yang terbaik buat anak-anak kita ..amiin

Komentar
1 Komentar
Nur Endah Setyowati
Nur Endah Setyowati -

sulit bikin anak ngerti,jadi gmna donk?