Hai Bunda, daftar disini

Kezia Lany

Kezia Lany

Umum

Mohon informasi, bayi susah BAB apa penyebabnya ya...

Bayi saya sekarang berumur 5 bulan. Sejak umur sebulan dia agak susah BAB, bisa 5 hari sekali. Sampai saat ini dia minum ASI. Sudah pernah saya bawa ke dokter dan diberi Microlax (obat berbentuk seperti cairan yang dimasukkan ke dalam anus). Memang bisa langsung keluar, tapi saya takut dia nantinya harus dikasih obat itu untuk bisa BAB.

Mohon informasi dari ibu-ibu apa penyebabnya dan bagaimana cara menanggulanginya??

Terima kasih atas bantuannya.

Komentar
4 Komentar
Raka Annurfaida
Raka Annurfaida -

Yang perlu diperhatikan sebenarnya adalah apakah anak ibu 100% ASI atau juga mengkonsumsi Susu Formula??? Jika memperoleh tambahan susu Formula, bisa karena susu yang diminum terlalu kental (kurang air), bisa karena air yang digunakan air dingin (bukan air hangat) sehingga bayi kembung (perut bayi yg kembung juga mempengaruhi pola BAB-nya, Pada kasus kasus tertentu, penggunaan kipas angin yang terus menerus juga dapat mengakibatkan kembung), atau ketidak cocokan bayi terhadap susu Formula yang dikonsumsi dapat juga menjadikan susah BAB. Sebaiknya ibu memulainya dari perhatian terhadap apa yg dikonsumsi si kecil seperti susu formula, jus buah, dll(karena dalam kasus2 tertentu buah yg bersert tinggi yang biasanya kita kenal untuk mengatasi sembelit, bagi bayi justru membuat jadi susah BAB seperti pisang, wortel, apel, dll), lingkungan sekitar adanya kipas angin dll.
Tapi jika anak ibu 100% ASI, yang perlu diperhatikan adalah pola makan si-ibu. cobalah makan yang berseraat tinggi, perhatikan interval si kecil mimik ASI, perhatikan pula air susu yang keluar apakah sedikit atau banyak.
Kalau semua sudah sempurna dan si kecil masih susah BAB, periksakan kedokter ahlinya, siapa tahu ada kelainan pada ususnya.
terimakasih semoga cukup membantu...

Lany Septianti
Lany Septianti -

Mungkin nanti kalo baby sudah makan makanan padat, BAB-nya akan lebih lancar...

Lany Septianti
Lany Septianti -

Mungkin babynya bisa dikasih minum sedikit minyak zaitun. Setengah sendok teh aja cukup. Pasti lancar...

Sri Mulyani
Sri Mulyani -

Karena dia masih minum asi , bunda perbanyak makan sayur dan buah terutama buah pepaya