Hai Bunda, daftar disini

Elly Herlina

Elly Herlina

Umum

Mengatasi anak susah makan sayur & buah

anak saya ( umur 2 th ) susah sekali makan sayur dan buah.
meskipun bentuk penyajian sudah saya ganti tapi masih saja tetap tidak mau. Bagaimana cara menyiasati supaya si kecil mau makan sayur dan buah, minimal mencicipinya ?

Komentar
11 Komentar
Yuni Sulistiyaningsih
Yuni Sulistiyaningsih -

salam kenal bunda...................

Janessa Soesilo
Janessa Soesilo -

Hi mom, anak saya jessie jg termasuk yg susah sekali makan sayur, tp seneng ngemil hehehe,. Saya mensiasatinya dgn membuat nugget ayam dgn campuran sayuran, dan ternyata jessie suka sekali n dia ga tau kalau dia sdh mkn sayur hehheh. Tapii kadang kalau saya lg males atau repot ga sempat masak, saya order nugget sehat Ny. Gouw, rasanya malah jauh lebih enak dr buatan saya hahahha, dan dijamin tanpa MSG dan bahan pengawet krn memang ini nugget homemade dan yg saya suka juga krn nugget ini juga ada campuran sayuran ( wortel +brokoli). Coba deh dilihat di www.nugget-sehat.com atau tlp. 021.91 868900. Semoga membantu...

Muarifah Arifah
Muarifah Arifah -

sama bun anakku juga gitu suka nolak dikash makan tapi kalau buah doyan sih

Siti Rohani
Siti Rohani -

dulu anakku g suka sayur bun,,,,, trus tak bikinin sop tal kasih makroni yang bentuknya lucu, trus pas makan sambil di rayu2. akhirnya suka jg

IRMA ERVIANA
IRMA ERVIANA -

kalau anakku alhamdullialh suka sayuran

SUSI LOWATI
SUSI LOWATI -

WAH,YANG SABAR AJA BUNDA.APA UDAH DI BERI MULTIVITAMIN NAFSU MAKAN?

Dessy Edfriyanti
Dessy Edfriyanti -

sama bunda, anakku susah banget makan buah dan sayur..
sdh dijus juga ga mau paling sedikit aja yang dia minum...

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Setuju sekali dengan jawaban yang lain. Saya hanya ingin sedikit menambahkan, perhatikan raut wajah Anda ketika mengenalkan makanan ini. Jika ekspresi wajah menunjukkan kekhawatiran (takut anak menolak, khawatir anak tahu di dalam makanan ini ada sayur dan buah, atau yakin bahwa anak pasti menolak), kemungkinan besar anak akan menolak tawaran Anda. Jadi tunjukkan saja bahwa Anda juga sangat menikmatinya, dan mengajak ia ikut menikmati makanan lezat ini.

Trik lain adalah dengan membuat anak banyak bergerak plus mengurangi camilan selama beraktivitas. Gunanya adalah membuat anak lapar pada saat makan. Ketika anak lapar, anak cenderung makan apapun yang disajikan. Dahulukan menyajikan makanan sehat. Barulah setelah dia makan sebagian (atau ketika sudah habis), Anda bisa mengeluarkan menu lain.

Ingat, lakukan ini dengan keyakinan tinggi bahwa anak berminat pada tawaran Anda. Percaya deh, anak pasti akan berubah pikiran dan jadi berminat mencicipi bahkan melahap semua yang Anda sajikan.

Nelfira Permadi
Nelfira Permadi -

untuk sayur kadang saya suka membuat pure bu,,,misalnya untuk sayur sop...sebagian saya blender (brokoli,,wortel,,buncis,,kembang kol,,dll) lalu dicampurkan lagi kedalam sayuran yg utuh,,,jd meskipun dia cuma makan nasi + kuah,,tidak masalah...
mmg anak2 masih sering menolah sayur...tp ibu hrs sabar agar lam2 dia bisa mmkan sayuan secara utuh...gd luck

Nani Rusmawati Dzikron
Nani Rusmawati Dzikron -

mungkin bisa juga sayurnya kita sajikan dicampur dengan dipotong supermini gitu...bisa juga kalo bikinan lauk anak ,dicampur sayur2an seperti:wortel dll dengan dipotong kotak2 kecil,sehinga ngga' kliatan.untuk buah bisa dijus bunda............

Titik Aisyah
Titik Aisyah -

untuk bpk argya :

sama pak dulu anak saya farrell ( 2 th ) jg susah makan tp setelah saya coba tips berikut baru mau makan :
1. ajak anak kita makan buah & sayur bersama dgn kita pd waktu makan dgn mimik makan yg seru.
2. bacakan cerita atau ajak anak bermain sambil menyuapi makan buah & sayur ( kl anak sedang asik maen psti mereka lebih gampang u/ makan ).
3. kasih makan selang seling antara buah & sayur jgn di kasih sekaligus & bisa juga di kombinasi dgn makanan lain seperti di campur dgn makanan kesukaan anak.
4. makan buah & sayur dlm porsi sedikit dulu kalo anak sudah mau makan buah & sayur baru dlm porsi banyak/sedang sesuai dgn kebutuhan anak bpk.

semoga bermanfaat & membantu bpk.

mama aisyah