Hai Bunda, daftar disini

Lusy Rahmaddi

Lusy Rahmaddi

Umum

Melatih anak minum susu dengan gelas

Anakku usianya 2 tahun 4 bulan,... gimana ya caranya supaya dia tidak lagi minum susu dengan botol, tapi dengan gelas?

Komentar
4 Komentar
PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Sebetulnya Bunda, maksimal perkenalan dengan botol susu adalah usia 1 tahun lho. Karena nih kalau sudah jadi terbiasa, lebih sulit lagi melepas anak dari botolnya, seperti yang sekarang terasa oleh Bunda. Tapi sudahlah, sudah terlanjur sampai di usia ini, jadi sekarang Bunda perlu kembali ke tahap usia sebelumnya, dan dilakukan dengan sabar, OK!

Sekarang perkenalkan dulu dengan sippy cup, itu adalah gelas yang ujungnya seperti tiupan flute / seruling. Kalau anak sudah mahir dengan sippy cup, kenalkan minum dengan gelas bersedotan. Tahap berikutnya adalah gelas yang tutupnya agak datar namun ada bolongannya di sisinya. Tahap-tahap ini adalah tahap perkenalan anak kepada gelas.

Yang sering kali membuat anak malas adalah karena dengan botol dia bisa minum sambil tiduran sementara dengan gelas lain dia harus minum sambil duduk. Jadi supaya dia mau, tentu saja pada saat peralihan ini, Bunda perlu dengan sabar menemaninya. Mengingatkan dia dengan halus untuk duduk, misalnya dengan memberi contoh dan memberi semangat.

Contoh dari Bunda Debby boleh dicoba, yaitu dengan ’menghilangkan’ si botol susu, atau memperlihatkan bahwa botolnya sudah rusak. Tentu saja di awal anak akan bereaksi keras. Artinya dia cerdas, karena dia tahu bahwa sekarang ’kenyamanannya’ terancam. Maka dari itu kita tanggapi dengan tenang saja, karena kita harus memberi tahu anak bahwa dia tetap bisa nyaman kok dari pelukan kita atau kedekatan dengan kita. Selamat mencoba Bunda!

Debby Wijayanto
Debby Wijayanto -

pengalaman saya,bu,anak saya daffa lepas botol setelah usianya 3 tahun. awalnya saya selalu membujuk dia untuk mau minum susu pakai gelas,tapi selalu saja tidak berhasil. akhirnya,saya dan suami berinisiatif jika ingin daffa lepas botol,botol botol susunya memang harus 'disingkirkan' dan tidak terlihat lagi oleh daffa.
suatu hari,kami bepergian naik motor,dan kebetulan saat di jalan itu,daffa minta minum susu-tentu dengan botolnya...
setelah di rumah,saat daffa minta minum susu lagi,kami berdua bersandiwara dan mengatakan botol susunya jatuh saat naik motor tadi,jadi sekarang minum susunya mesti pakai gelas. bagi kami,tak apalah berbohong 'putih' demi kebaikannya.
awalnya, daffa ngambek dan mogok minum susu hingga 2 hari.terus terang kami sempat bingung apakah ingin meneruskan atau tidak. tapi kami sepakat untuk konsisten dan 'tega'.
di hari ketiga,dia minta minum susu. saya ambilkan susunya dan dengan' terpaksa' dia menghabiskan susunya. begituseterusnya,sambil kami memberi pengertian kepadanya dan memberi pujian saat dia dapat menghabiskan susu di gelasnya.
alhamdulilah tidak sampai seminggu,daffa sudah lupa dengan botolnya dan dengan suka rela minum susu pakai gelas.

Christina Widhiharsanti
Christina Widhiharsanti -

hallo bunda...saya berbagi pengalaman saya sj ya...anak saya yang pertama lepas dot sekitar umur mau 4th karena ud mau masuk TK lalu saya bujuk "mbk kan udah mau sekolah masak minum pakai dot nanti di ejek teman2nya lho..*ihh udah sekolah kog masih nge dot*.. trus anak saya berhenti deh pake dot langsung pake gelas, kalo anak yang ke 2 skrg msh 3th jadi saya biarin aja msh pake dot.. th dpn kalo ud mau msuk TK pengalaman kakaknya akan saya wariskan juga..jadi terserah ibu bagaimana baiknya karena tiap ibu punya cara sendiri2 & yang plg tepat untuk menentukan kebiasaan anaknya..terimakasih

Nita Rosary
Nita Rosary -

anak sy tidak mau nge-dot tapi kalo susu, dy pake gelas yg ada sedotannya. untuk air putih, dy mau pake gelas. enaknya pake dot, bisa minum sambil tidur ato jalan2. coba pake training cup dulu aja