Hai Bunda, daftar disini

Magaretha Tri Lestari

Magaretha Tri Lestari

Umum

Jenis Makanan Faktor Penyebab Keguguran Kandungan

Keguguran adalah terhentinya kehidupan janin dalam kandungan sebelum sempat hidup di luar kandungan. Ada beberapa penyebab keguguran yang sering di alami wanita, baik penyebab dari luar maupun dari dalam tubuh wanita itu sendiri.

Keguguran umumnya terjadi pada satu dari lima kehamilan. Dan sebagian besar terjadi pada 12 minggu pertama masa kehamilan. Keguguran berulang adalah ketika seorang wanita kehilangan kehamilan selama tiga kali atau lebih secar berturut-turut namun hal ini hanya terjadi satu pada setiap 100 pasangan.

Hal-hal berikut ini bisa jadi menjadi faktor penyebab keguguran kandungan, antara lain :

1 Karena masalah yang terjadi pada janin, misalnya diakibatkan karena kelainan kromosom. Hal ini bisa terjadi pada saat pra konsepsi atau proses pembuahan. Hal ini bisa berakibat embrio atau calon janin yang terbentuk cacat.

2 Karena masalah yang terjadi pada si ibu, misalnya masalah yang terjadi pada sisterm hormonal (misalnya akibat hormon prolaktin terlampau tinggi atau hormon progesteron terlampau rendah), daya imunitas ibu, infeksi/penyakit menahun, atau penyakit berat lain yang terjadi pada si ibu.

3 Karena masalah yang terjadi pada rahim. misalnya karena miom atau tumor yang bisa mengganggu perkembangan embrio/janin. bisa juga karena kondisi rahim terlampau lemah akibatnya tidak dapat menahan janin yang sedang berkembang.

Adanya infeksi virus, seperti infeksi HIV, virus TORCH, Hepatitis dll.

Penyebab keguguran yang lain bisa juga karena pola hidup. misalnya si ibu yang sedang hamil adalah perokok, minum minuman keras, mengalami obesitas atau sebaliknya berat badan yang terlampau kurang sehingga bisa menyebabkan gangguan hormonal yang menyebabkan masalah kehamilan.

Selain faktor-faktor di atas, ada beberapa pendapat bahwa ada beberapa makanan penyebab keguguran. Untuk itu beberapa makanan penyebab keguguran ini hendaknya anda hindari selama kehamilan. Mungkin makan dalam jumlah sedikit tidak masalah, yang tidak dibolehkan adalah dalam jumlah banyak atau berlebihan. Namun alangkah lebih baik jika beberapa makanan penyebab keguguran ini anda hindari selama hamil, demi menjaga kesehatan kehamilan anda.
Makanan Penyebab Keguguran

Beberapa makanan faktor penyebab keguguran antara lain :

1 Beberapa jenis buah dan sayuran seperti durian, Nanas, daun pepaya. Katanya beberapa buah ini mengandung zat yang dapat melemahkan kandungan sehingga bisa menjadi pemicu penyebab keguguran
2 Makan daging atau ikan yang di masak kurang matang, seperti ikan bakar, sate. Hal ini memungkinkan adanya infeksi toxoplasmosis yang bisa menyebabkan cacat pada janin.
3 Makan buah atau sayur yang tidak dicuci dengan baik, karena juga dikhawatirkan bisa terinfeksi parasit toxo ini.
4 Menghindari makan hati ayam, telur mentah atau daging yang mungkin menjadi salah satu penyebab infeksi salmonella yang bisa menyebabkan diare akut pada wanita hamil.
5 Hindari makan shark, ikan sea bass, Ikan tuna steak atau ikan-ikan berukuran besar yang kemungkinan besar mengandung merkuri dalam kadar yang tinggi yang bisa berakibat pada kerusakan saraf.
6 Hindari minuman beralkohol yang dapat berakibat pada kelainan perkembangan bayi dan bisa mengganggu perkembangan emosional bayi.
7 Hindari atau batasi minuman yang bercafein, seperti teh, kopi dan yang lain karena bisa mengganggu berat badan janin dan bisa mengganggu proses penyerapan zink atau zat besi.

Semoga informasi tentang makanan penyebab keguguran dan faktor-faktor penyebab keguguran di atas bisa bermanfaat untuk anda, sehingga diharapkan anda bisa hamil sehat dan bayi yang dilahirkan nanti akan menjadi bayi yag sehat.

Komentar
4 Komentar
Sri Wahyunii
Sri Wahyunii -

nice ino ya bunda

Muli Hatin
Muli Hatin -

mksh y bun atas info nya....

Magaretha Tri Lestari
Magaretha Tri Lestari -

ia nih bunda .
untuk pemula sangat bagus info nya ^.^

Ana Murdiana Budiyono
Ana Murdiana Budiyono -

penting diketahui nih buat calon bunda yang pernah mengalami keguguran agar lebih berhati2