Hai Bunda, daftar disini

Diah Pramesti

Diah Pramesti

Umum

Inilah Cara Menyikapi Anak yg Suka Berbohong

Bunda mungkin pernah mengalami si kecil suka menyembunyikan kejadian sebenarnya atau berbohong. Bagaimana cara bunda menyikapinya?
1. Pertama-tama bunda jangan langsung menyalahkan.
2. Ajak anak ngobrol pelan-pelan, tanyakan kenapa ia tidak cerita apa adanya. Gali agar dengan enteng ia bisa cerita sebabnya. Jelaskan bahwa kadang kala kita tidak ingin menceritakan apa adanya, mungkin karena takut, atau karena tidak ingin Bunda sedih. Katakan juga bahwa Bunda akan lebih sedih kalau ia tidak mengatakan yang sejujurnya.
3. Buat ia selalu nyaman bahwa kesalahan itu biasa, tidak perlu takut untuk mengatakan apa adanya. Dengan demikian ia akan berani berkata apa adanya.
4. Tetap dibutuhkan peran bunda untuk tidak terlalu menuntut anak untuk perfect. Ingat, bahwa setiap anak memiliki tahapan berkembang yang perlu selalu didampingi orang tuanya.

Komentar
1 Komentar
FERRA SEMBIRING
FERRA SEMBIRING -

anak pertama saya jarang sekali berbohong
yang sering terjadi,kadang2 dia bilang mau pup (buang air besar) tapi ternyata setelah di kamar mandi dia tidak pup malah main air (karena dia memang suka lihat & main air)..karena hal ini sering berulang,maka saya pikir dia harus diberitahu; tegas2 saya bilang tidak boleh berbohong,saya sampaikan dengan bicara tegas / dengan senyum bahkan dengan nyanyian..supaya dia mengerti