Hai Bunda, daftar disini

Agusria Ningsih

Agusria Ningsih

Umum

CARA MENGATASI NGANTUK SAAT KERJA,,,semoga berhasil,,,

Hampir seluruh pegawai setelah jam makan siang akan merasa ngantuk yang mendera. Hal ini dapat menggagu produktivitas kerja suatu karyawan. Jadi, tak bisa dipungkiri lagi kalau rasa kantuk itu adalah hal yang berbahaya bagi karyawan. Tapi, ada 8 cara untuk mengatasi kantuk yang menyerang para pekerja yaitu:

1. Mengambil tidur siang sejenak
Tidur siang yang dilakukan sebaiknya hanya 5-25 menit saja dan tidak lebih dari itu, serta tidur di meja kerja bukanlah ide yang baik. Jika tidak bisa tidur siang, cobalah beristirahat dengan tenang selama 10 menit sambil menutup mata, hal ini juga bisa membantu.

2. Mengonsumsi cemilan sehat untuk meningkatkan energi
Cemilan yang manis bisa memberikan dorongan energi dengan cepat. Makanan yang bisa memberikan energi dengan baik, secara menyeluruh dan jangka panjang seperti yogurt, buah segar, baby wortel atau selai kacang dengan kracker gandum.

3. Bangun dari tempat duduk dan bergerak atau berjalan
Berjalan atau bergerak selama 10 menit akan membuat orang tetap terjaga dan segar. Berjalan selama 10 menit bisa meningkatkan energi selama 2 jam.

4. Mengganti tugas untuk merangsang pikiran
Pekerjaan yang monoton bisa membuat seseorang mengantuk dan tertidur, karenanya cobalah mengganti tugas yang dilakukan untuk merangsang pikiran dan membuatnya tetap terjaga.

5. Cobalah memulai percakapan
Terlibat dalam sebuah percakapan bisa membuat pikiran bergerak kembali dan termasuk dalam stimulator perilaku yang sangat kuat. Berbicaralah dengan rekan kerja mengenai hal apapun.

6. Mengonsumsi air untuk mencegah dehidrasi
Dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan yang berujung pada serangan rasa kantuk. Pastikan tubuh mendapat cairan yang cukup dari air serta makanan dengan kandungan air tinggi seperti buah-buahan dan sayur.

7. Cobalah menarik napas secara dalam
Bernapas secara dalam bisa meningkatkan kadar oksigen darah di dalam tubuh, sehingga memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, memperbaiki sirkulasi dan membantu kinerja kerja. Cobalah duduk tegak dengan satu tangan di perut tepat di bawah tulang rusuk dan tangan satu lagi di dada. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan biarkan perut mendorong tangan tanpa membuat dada bergerak.

8. Mengistirahatkan mata untuk hindari kelelahan
Terus menerus menatap komputer akan menyebabkan mata lelah dan bisa memperburuk rasa kantuk. Cobalah berpaling dari layar komputer selama beberapa menit secara berkala agar mata menjadi lebih santai.

Komentar
5 Komentar
JULI SUSILOWATI
JULI SUSILOWATI -

sip deh pas banget kalo siang abis makan jd ngantuk......like bunda

Erni Rahmawati
Erni Rahmawati -

Tau aja nie bunda klo aku lagi ngantuk,biasanya klo dah kelar maem siang.
Dateng tuh ngantuknya...
Thks infonya buda,like u...

Endny Supardjo
Endny Supardjo -

thx bund....kalau saya cendrung no 3 yang ampuh....tp sering kebablasan...bukan lagi 10 mnt tp 30 mnt hehehe.....atau 1 lagi bund...pindahkan layar monitor excel anda ke web IB....hehehe, LIKE bunda........

Lina Suryaningsih
Lina Suryaningsih -

makaih infonya bunda, akan sy coba soalnya virusnya sdh smpi sini jadi cepet2an dipraktekkan nich..

Nur Aini Sri Pujiatiningsih
Nur Aini Sri Pujiatiningsih -

Thx infonya...like bunda..