Hai Bunda, daftar disini

Diany A

Diany A

Umum

Bagaimana caranya menghentikan asi di usia anak 2 th?

Anak saya berumur setaun 9 bln,masih asi tp juga sudah minum susu formula. Dia minum asi sekarang jika mau tidur saja,itupun masih tidur di tempat tidur saya,blm mau di tempatnya sendiri. Saya khawatir,klo nanti saatnya dia harus benar2 lepas asi di usia 2 th,dia susah lepasnya & jadi ga bisa tidur. Gmn caranya supaya dia bisa benar2 lepas asi di usia 2 th & bisa tidur sendiri, terimakasih

Komentar
5 Komentar
Alfiyah Surati
Alfiyah Surati -

mulanya saya pesimis untuk apakah saya bs menghentikan asi anak saya,karna anak saya tidur malam selalu minu asi.untung ibu saya punya solusinya,disuruhlah saya untuk mencoba memberi asam jawa (diberi air sedikit) diantara puting saya.dan teernyata sekalai saja saya memberinya dia langsung gak mau minum asi.ya begitulah bunda

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Sebetulnya tidak ada pengaruh berarti lho, menyapih anak di usia 9 bulan dan di usia 2 tahun kelak. Justru semakin lama Bunda memberi ASI (tapi jangan juga sampai lebih dari 3 tahun Bunda masih memberi ASI), Bunda meningkatkan kedekatan dengan si kecil. Efeknya adalah anak lebih sayang kepada Bunda (juga sebaliknya Bunda lebih sayang kepada anak), dan jadinya lebih menurut kepada Bunda kelak.

Nantinya ketika 2 tahun, Bunda bisa lakukan slow weaning. Saya beri contoh ya. Minggu pertama, Bunda kompakan dengan anak, ASI hanya akan diberikan di rumah saja. Artinya kalau di luar rumah dia mau minta ASI, tolak saja secara halus, dan ajak bermain supaya dia merasa tetap disayang Bunda. Bisa saja ini dilakukan beberapa minggu. Nah lalu tahap berikutnya ASI hanya diberikan ketika ’sudah gelap’. Ajak anak untuk mengecek apakah langit sudah gelap atau belum. Jika masih terang gemintang, tentu saja ditolak secara halus dan diajak saja bermain sebagai gantinya. Lakukan selama beberapa minggu sampai dia terbiasa. Lalu tahap berikutnya bisa saja anak diajak melihat kalender. Lingkari tanggal tiap 2 hari, contohnya bisa melingkari tanggal genap saja. Katakan kepada anak, jika tanggal dilingkari, maka anak bisa mendapat ASI, tapi kalau tanggal tidak dilingkari maka tak bisa. Lakukan ini beberapa minggu. Lalu tahap berikut jumlah hari semakin jauh, misalnya 3 hari sekali, 4 hari sekali, dan lama kelamaan anak terbiasa untuk tidak minum ASI lagi.

Sepanjang proses penyapihan, ingat selalu kecukupan nutrisinya. Jika ragu dicukupi oleh makanan, perlu ditambah susu formula. Nantinya kalau sudah 2 tahun malah sudah boleh minum FF123 kan.

Dina Mustikasari
Dina Mustikasari -

sharing saja ya bun...
saya memberikan ASI kpd anak2 saya 1th (tanpa tambahan formula), setelah 1th baru saya tambahkan susu UHT.
Untuk menyapih... kalau saya lebih memilih slow weaning. Anak pertama saya berhenti sendiri di usia 11bln, anak kedua saya berhenti asi sblm 2thn.
Menurut saya ASI adalah hak anak, jd jika mau menyapihnya sebaiknya didiskusikan dgn anak juga (tdk dgn cara2 memaksa).

Dari bayi saya sdh biasakan anak2 tdr di t4 tdr sendiri (box bayi) walaupun msh dlm 1 kamr. Alhamdulilah skr anak2 saya sudah tidur di kamarnya sendiri. Coba pelan2 bun... pertama2 temani anak sampai tertidur baru ditinggal.. jika dia bangun kembalikan lagi ke kamarnya... begitu seterusnya sampai dia bisa tidur smp pagi.. memang perlu waktu yg tidak sebentar.. tp asal kita konsisten insyaallah berhasil kok.
selamat mencoba.

Ani Handayani
Ani Handayani -

menghentikan pemberian asi bisa dilakukan secara bertahap, kalo sudah diberikan susu formula prosesnya akan lebih mudah, semakin hari frekuensi pemberian asinya semakin dikurangi , dan buatlah suasana yang menyenangkan saat anak kita minum susu formula. bisa juga sambil dijelaskan dan diberi pengertian pada anak bahwa dia sudah besar , jadi minumnya diganti dengan susu formula.

Tapi bun, kalo produksi asinya masih bagus tidak ada salahnya memberikan asi lebih dari dua tahun, asi itukan sumber gizi yang paling lengkap untuk tubuh anak kita.


ENDAH Wahyu Ningrum
ENDAH Wahyu Ningrum -

Pengalaman saya,puting saya,saya beri sdkt perasan daun sambiloto jd sewaktu anak saya menetek lidahnya terasa pahit & tak mau menetek lg.Mmg 2-3 hari agak rewel.

Para tetangga & teman saya yg memberi susu formula pd anaknya lbh mdh lg menyapihnya krn produksi asi mereka yg semakin berkurang,anak dg sendirinya lbh memilih susu formula.Begitu bunda.