Hai Bunda, daftar disini

Lipah -

Lipah -

Umum

Anak Usia 1 Tahun, Bisa Dilatih Minum Pakai Gelas

Sejak lama botol dan dot digunakan sebagai wadah praktis minum susu. Biasanya digunakan pada bayi saat menyapih. Namun mengajarinya minum dengan gelas juga perlu dilakukan. Bahkan risiko tersedakpun bisa berkurang.

Seperti yang dilansir mayoclinic.com, kebanyakan bayi punya refleks menghisap yang kuat. Jika bayi dibiarkan terlalu lama mengedot, telinganya terasa nyeri karena tekanan udara. Terkadang bayi akan menguap untuk meredakan nyerinya.

Tidak hanya itu, menghisap dot juga bisa mengganggu pertumbuhan gigi si kecil. Biasanya pertumbuhan gigi akan sedikit maju. American Academy of Pediatrics telah merekomendasikan batas penggunaan dot pada bayi, yaitu hingga usia 1 tahun. Selanjutnya si kecil harus harus diajari minum dengan gelas. Baik saat minum susu, jus buah atau air putih.

Agar si kecil tertarik untuk belajar, Anda bisa memilihkan gelas bergagang dan ringan. Agar mudah dipegang dan mudah di arahkan ke mulut. Pilihkan juga bentuk atau gambar yang lucu pada bagian depan gelas. Si kecilpun bisa lebih semangat dan meninggalkan botol dot.

Melatih minum dengan gelas memang membutuhkan waktu yang lama. Tak ada salahnya minta dukungan keluarga d irumah agar si kecil cepat terbiasa minum dengan gelas.

Komentar
5 Komentar
ZAIMATUL FARDA
ZAIMATUL FARDA -

iya bun, anak saya umur 1tahun pas, kalau minum selain su2 mau di gelas, tapi kalau minum susu masih suka di botol...... kira2 komunitas bunda ada yang punya solusi buat si kecil agar mau meninggalkan botolnya ????

Nur Rohmah
Nur Rohmah -

iya nih, si kecil klo minum susu mintanya sama dot, padahal klo minum air putih mau pakai gelas .)

Ivin Fajrin
Ivin Fajrin -

anak saya sudah bisa minum dengan gelas saat berumur 9 bulan,,, tapi sampai sekarang kalo minum susu maunya pake dot,,,

Lia Widia
Lia Widia -

iya bun...tapi anak saya kalau tidur nggak minum susu dibotol nggak bisa tidur.... harus gimana ya...

Ana Murdiana Budiyono
Ana Murdiana Budiyono -

betul bun...dengan gelas lucu dan disukai maka anakpun akan gembira walaupun dipisah sama dotnya..