Ketika bepergian dengan berjalan kaki, pernahkah si kecil minta gendong?
Anak-anak yang tidak dalam keadaan sakit dan sudah bisa berjalan, usia sekitar 2-4 tahun kadang minta gendong kalau bepergian. Kalau anak-anak yang belum bisa berjalan, ya wajarlah minta gendong. Untuk anak usia 4 tahun ke atas tapi masih suka minta gendong, malu dong sama teman-temannya....

Nah, berikut ini tips yang bisa Anda terapkan agar si kecil mau berjalan ketika bepergian:

1. Si kecil ajaklah berbicara. Ngobrol hal-hal menarik bisa melupakan keinginannya minta gendong. Bisa dengan menujukkan sesuatu yang ditemui di jalan, agar teralihkan kejenuhannya. Jadikan acara berjalan ini menjadi sesuatu yang menarik bagi si kecil.
2. Libatkan si kecil ketika Anda membawa sesuatu. Misalnya suruh ia membawakan barang yang ringan. Si kecil akan senang apabila keberadaannya Anda hargai. (aduh bahasanya ketinggian yah?). Intinya, Anda jangan menganggap ia masih kecil terus.
3. Ketika ia lelah dan minta gendong, istirahat sejenak, beri minum secukupnya hingga ia kembali bersemangat untuk berjalan lagi.
4. Jangan memaksa si kecil untuk berjalan lebih cepat, karena langkah kakinya berbeda dengan Anda kan?
5. Sesekali lakukan gerakan menunduk, untuk menyejajarkan si kecil dengan Anda. Juga untuk mendengarkan apa yang ia ucapkan.
6. Kalau tempat tujuan masih agak jauh, Anda bisa menggendongnya sebentar, setelah itu suruh ia berjalan lagi.
7. Jangan lupa berikan pujian untuknya, sehingga ia bersemangat berjalan. "Mama bangga, adik sekarang sudah tidak minta gendong lagi dan mau membantu membawakan belanjaan mama."
8. Ketika menyeberang jalan misalnya, ia tetap Anda gandeng (pegang tangan si kecil, jangan si kecil yang memegang tangan Anda karena biasanya anak akan mudah melepasnya). Baru setelah menyeberang, ia boleh berjalan lagi tanpa Anda pegang tangannya, tetapi tetap dalam pengawasan Anda.