ASI memang air kehidupan yang punya sejuta manfaat. Untuk itu, agar maksimal, perlu bunda tahu, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada masa menyusui, demi kebaikan buah hati.



Andin sudah beberapa kali mencoba menyusui anaknya. Namun sayangnya, entah mengapa, kadang aliran ASI-nya tidak stabil keluarnya. “Kadang lancar, bahkan berlebih. Tapi entah mengapa juga bisa kayak kurang banget, kenapa ya?” tanya Andin pada Siska yang sudah lebih senior di kantornya.

Nah, mungkin ada bunda yang mengalami hal yang sama dengan Andin? Kalau iya, barangkali ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyusui. Apalagi buat para bunda yang juga bekerja. Sedikit berbagi pengalaman saja, biasanya, ASI bisa berkurang karena sang bunda sedang ada banyak pikiran.

Kebetulan, ini ada beberapa tips yang disarikan dan direkomendasikan oleh American Academy of Family Physicians serta dari Breastfeeding Mothers' Support Group Singapore tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Ini menyangkut soal menyusui anak, baik yang berhubungan dengan masalah emosi ataupun yang berhubungan dengan hal lain seputar makanan bunda.