Buku adalah jendela dunia, Bunda pasti sering mendengar pepatah tersebut. Anak yang gemar membaca bisa memiliki pengetahuan yang lebih luas dan kemampuan berbahasa yang baik.

Mendidik si kecil agar gemar membaca memang bukanlah perkara yang mudah, apalagi saat ini kehadiran permainan elektronik kian banyak ragamnya. Membaca seringkali dianggap sebagai kegiatan yang membosankan dan membuat ngantuk. Nah, bagaimana agar si kecil gemar membaca? Berikut ini beberapa tips agar si kecil suka membaca semenjak dini.

Sebagai orang terdekatnya, jadikan diri Anda sebagai contoh nyata baginya. Jangan menyuruh anak untuk suka membaca, padahal Bunda sendiri malas untuk melakukannya. Si kecil biasanya akan lebih mudah meniru kebiasaan orangtuanya. Pastikan si kecil melihat langsung ketika Bunda sedang menikmati baca buku.

Jadikan membaca sebagai kegiatan rutinnya. Mulanya Bunda bisa membacakan si kecil kisah-kisah menarik. Nah, saat si kecil mulai bisa membacakan kisah untuk Anda, simaklah dengan penuh perhatian. Setelah ia selesai membaca, Bunda bisa tanyakan tentang cerita yang telah ia bacakan, contohnya seperti “ Mengapa putri tadi merasa sedih sekali?”.

Pilihkan buku yang tepat dan sesuai dengan usianya. Agar si kecil lebih bersemangat, Bunda juga bisa berlangganan majalah anak yang disukainya atau membelikannya koleksi buku cerita anak yang menarik.

Bunda juga dapat menjadikan buku sebagai hadiah untuknya. Ajak juga si kecil menabung untuk menambah koleksi bukunya. Tidak perlu terlalu mahal, Bunda bisa ajak si kecil ke pameran buku yang memberikan diskon. Tanamkan sejak dini kecintaannya terhadap buku.

infobunda.com