APAKAH karena shift kerja Anda telah berganti, tahun ajaran sekolah baru dimulai, atau Anda ingin anak-anak tidur lebih lama, apapun alasannya memperkenalkan tidur lebih awal pasti bikin stres.

Anda tahu apa yang terbaik untuk si kecil, tetapi ia pasti melakukan sedikit perlawanan saat Anda mulai menerapkan jadwal tidur lebih awal. Dengan konsisten terhadap peraturan, Anda dapat membantunya melakukan transisi lebih lancar.

Berikut beberapa langkah mendorong anak tidur lebih awal, seperti dibahas Modern Mom.

Beri camilan berglikemik tinggi

Pada Februari 2007, The American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa makanan tinggi nilai glycemic menimbulkan rasa kantuk pada peserta penelitian. Makanan berglisemik tinggi berarti tinggi karbohidrat.

Tapi, pastikan untuk memilih karbohidrat sehat untuk camilan si kecil, seperti sepotong roti gandum dioles selai kacang. Camilan ini sebaiknya disediakan satu atau dua jam sebelum dia pergi tidur.

Mandi air hangat lalu pakaikan piyama untuknya

Mandi air hangat tidak hanya akan merilekskan pikiran, tapi juga mengirimkan sinyal baginya untuk bersiap-siap tidur.

Ciptakan suasana tenang

Ciptakan suasana tenang dengan mematikan lampu kamar dan ajak si kecil masuk kamar tidur 30 menit sebelum tidur. Aktivitas berat mendorong semangatnya untuk terus aktif sehingga ia tidak akan mengantuk ketika datang waktu tidur. Ajak ia terlibat dalam obrolan yang tenang, membaca buku, atau kegiatan lain yang lebih santai hingga waktu tidurnya tiba.

Tinggalkan kamar tidur setelah Anda menidurkannya

Jika ia memanggil Anda, cek untuk memastikan bahwa tidak ada bahaya, kemudian tinggalkan ruangan tidurnya sambil mengatakan padanya bahwa sekarang waktunya tidur.

Pindah waktu tidur

Pindahkan waktu tidur lima menit setiap malamnya sampai Anda memeroleh waktu yang diinginkan si kecil untuk istirahat malam.