Bagi anda yang masih bingung dengan penangan demam pada anak anda, disini kami akan membagikan tips penanganan demam pada bayi. Demam memang sering terjadi pada bayi, dan sering kali merupakan cara bayi untuk mempertahankan diri dari serangan bakteri atau virus. Untuk mencegah terjadinya demam, maka berikan nutrisi yang cukup untuk bayi. Bayi harus mendapatkan makanan-makanan yang bisa memenuhi kebutuhan gizi seimbang dapat kuat melawan segala bentuk bakteri, virus dna kuman penyait. Selain itu, imunisasi dini dapat mencegah terjadinya demam yang disebabkan oleh suatu penyakit tertentu. Bayi panas tinggi merupakan gejala bayi demam. Oleh sebab itu diperlukan upaya untuk menurunkan gejala panasnya.

Langkah pertama adalah dengan melakukan kompres pada tubuh bayi terutama dibagian dahi. Gunakan handuk kecil yang dimasukkan ke dalam air. Sebaiknya air yang akan digunakan memiliki suhu yang tiggi berbeda jauh dengan suhu panas. Bila air kompres terlalu dingin didapat membuat bayi menggigil. Kompres dapat dilakukan selama 30 menit saja. Adapun tips penanganan demam pada bayi untuk bayi yang masih menyusui ASI sebaiknya ditingkatkan frekuensi menyusuinya. ASI mengandung nutrisi yang bisa memperkuat kondisi tubuh bayi dalam melawan demam. Selain itu, dengan ssering meminum ASI maka bayi akan sering buang air kecil. Dengan demikian cairan masuk tubuh dan kemudian dikeluarkan lagi hal ini dapat mengatasi demam.

Bayi yang sedang demam harus diberikan minum banyak. Dapat berupa air putih, ASI atau jus buah jika sudah bisa meminum jus. Ketika bayi demam, kurangi ketebalan pakaiannya supaya dia merasa nyaman. gunakan selimut tebal atau jaket. Bayi harus dijaga dan diajak mengobrol supaya dia tidak stress kondidi udara disekitar bayi juga harus segar dan jangan terlalu lembab. Bila sudah 3 hari demam pada bayi belum juga turun maka periksalah ke dokter. Normalnya demam pada bayi bisa turun setelah 2 hari. Pemberian obat penurunan demam harus dikonsultasikan dahulu dengan dokter terlebih jika bayi berusia kurang dari satu tahun. Begitula sekilas tips penanganan demam pada bayi yang dapat kami bagikan pada anda di sini.