Kuku yang sehat adalah kuku yang berwarna gradasi merah muda menuju putih, dengan tekstur halus, dan kuat. Sebenarnya, tidak ada produk kosmetik yang dapat memberi perlindungan penuh pada kuku. Perilaku kita dalam mempergunakan kuku juga perlu diperhatikan agar kuku dapat tumbuh sehat dan tampil cantik. Langkah-langkah berikut bisa menjadi cara melindungi kuku dari kerusakan.

*

Jangan berlebihan menggunakan kuku. Untuk mencegah kerusakan kuku, jangan menggunakan kuku sebagai alat untuk mengambil atau mencongkel sesuatu.
*

Jangan menggigiti kuku atau mencabut kutikula. Kebiasaan ini bisa merusak nail bed, lapisan kuku yang berada di bagian bawah kuku. Kuku yang lembab dan basah, juga sedikit saja luka pada kuku bisa menjadi pintu masuk bagi bakteri atau jamur penyebab infeksi.
*

Lindungi kuku Anda. Gunakan sarung tangan karet ketika tangan berinteraksi dengan sabun dan air dalam waktu lama atau ketika menggunakan zat-zat kimia.
*

Lakukan pemeliharaan kuku secara rutin. Bersihkan kotoran, terutama yang berada di bagian bawah kuku, dengan teratur. Manicure, misalnya, bisa jadi pilihan Anda untuk merawat kebersihan dan penampilan kuku. Namun, berhati-hatilah saat manicure atau pedicure. Pastikan alat yang digunakan sudah steril.
*

Usapkan pelembab pada kuku secara berkala. Seperti halnya kulit, kuku pun memerlukan pelembab. Saat menggunakan pelembab untuk tangan, oleskan pula pada kuku.