Tips ibu hebat dan bahagia. Pekerjaan seorang ibu memang tidak mudah, selain harus mengurus suami, anak, juga mengurus rumah, bahkan ada sebagian ibu yang bekerja di kantoran juga. Bisa dikatakan seorang ibu, mengemban tugas yang berat sehingga mudah mengalami rasa lelah dan depresi. Untuk menghindari rasa lelah bahkan depresi, berikut ini beberapa tips agar Anda bisa menjadi seorang ibu yang hebat :

Jangan berubah

Menjadi seorang ibu, bukan berarti Anda meninggalkan semua cita-cita dan keinginan Anda. Sangat penting bagi Anda, tetap melakukan kegiatan yang dicintai, asalkan bermanfaat. Misalnya, Anda menyukai kegiatan membaca, menulis, berolahraga, maka tetap lanjutkan kegiatan itu setelah Anda memiliki anak. Cobalah membagi waktu antara mengerjakan pekerjaan rumah, mengurus anak dan hobi Anda. Jika Anda dapat melakukan kegiatan yang Anda sukai, maka Anda dapat menjalani profesi ibu rumah tangga dengan lebih baik.

Jangan "menyiksa" anak

Pekerjaan sebagai seorang ibu dapat membuat Anda lelah dan sering kali rasa lelah ini memicu rasa kesal pada anak yang meminta perhatian Anda. Jika Anda merasa lelah dan membutuhkan waktu sendiri, biarkan anak menonton televisi untuk beberapa jam. Pastikan menonton tayangan yang bermanfaat.

Anda juga bisa meminta suami atau orang terpercaya untuk mengasuh anak sementara waktu. Jika pikiran dan energi Anda sudah kembali utuh, dapat kembali menjadi seorang ibu.

Jangan mencoba untuk menjadi sempurna

Tidak ada yang sempurna di dunia ini dan mencoba untuk mendapatkan sesuatu sempurna mungkin,bukanlah ide yang baik. Jangan mengharapkan rumah Anda akan selalu bersih jika memiliki anak kecil, dan jangan harap waktu makan bersama akan berjalan tertib. Terkadang anak-anak melakukan "kekacauan" di rumah untuk menghibur diri mereka sendiri.

Hilangkan perasaan bersalah

Perasaan bersalah seringkali menghinggapi pikiran para ibu. Bersalah karena membiarkan anak menghabiskan waktu di depan komputer sehingga harus menggunakan kacamata, atau bersalah karena tidak menyediakan waktu banyak untuk sang anak. Hilangkan perasaan bersalah ini, karena selama Anda mencintai dan memberikan kebutuhan dasar anak, maka mereka akan baik-baik saja.

Bersabarlah

Membesarkan anak bukanlah pekerjaan mudah. Anak-anak dapat membuat berantakan rumah, berisik dan selalu menuntut baik itu perhatian ataupun dalam bentuk barang. Cobalah untuk menarik napas panjang setiap kali kesabaran Anda habis dan berpikirlah mereka masih anak-anak yang membutuhkan kasih sayang dan perhatian Anda.

Dengarkan saat anak berbicara

Momen saat Anda mendengarkan anak berbicara mengenai masalahnya atau sekedar cerita kesehariannya akan sangat berharga. Memberikan waktu untuk benar-benar mendengarkannya dapat berakibat positif bagi sang anak. Salah satunya, memberikannya rasa percaya diri.

Jadilah ibu mereka, bukan teman mereka!

Orangtua adalah orangtua. Anak-anak adalah anak-anak. Buatlah batasan antara anak dan orangtua, sehingga anak-anak dapat menghormati orangtuanya. Namun tetaplah menjadi seseorang yang dapat mendengarkan keluh-kesah meraka.

Ajarkan kesederhaan

Mengajarkan hidup sederhana sedini mungkin pada anak-anak bukan berarti mengajarkannya untuk pelit di kemudian hari. Berikan pendidikan, jika ingin membeli barang haruslah yang benar-benar dibutuhkan, atau misalnya dibandingkan membeli buku, lebih baik meminjamnya di perpustakaan.

Jangan memaksa terlalu keras

Anda tentu ingin melihat anak berprestasi dan sukses. Namun bukan berarti Anda menyuruhnya untuk menggeluti, belajar sepanjang hari. Berikan waktu bermain dan dukunglah cita-cita mereka.

Mengajarkan menghargai diri sendiri

Salah satu tugas penting orangtua ialah mengajarkan anak untuk menghargai dirinya sendiri sehingga dapat tumbuh rasa percaya diri. Anak yang bisa menghargai dirinya sendiri lebih mudah mendapatkan kebahagiaan dan meraih keinginannya. Luangkan waktu bersama anak, berbicara dengan mereka dan mendengarkan ceritanya, merupakan cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri ini.

Mengajarkan kemandirian

Sangat penting untuk mengajarkan anak mandiri. Untuk itu biarkan anak melakukan hal-hal yang bisa ia lakukan sendiri dan berprestasi atas usahanya sendiri.

Tertawa dan bersenang-senanglah

Menjadi ibu memang melelahkan, namun pekerjaan ini membolehkan Anda untuk menjadi anak kecil kembali. Bermain dengan berbagai mainan, melompat di sofa, tertawa dan bersenang-senang bersama anak-anak. Untuk itu jalanilah pekerjaan ini dengan setulus hati dan lihatlah sisi positifnya.

Salah satu kunci untuk menjadi ibu hebat ialah berhenti menjadi ibu yang paling baik sedunia dan cobalah menikmati pekerjaan ini dan menjadi ibu paling bahagia di seluruh dunia. Semoga tips ibu ini menginspirasi Anda.