1. Agar si kecil tidak memainkan makanan, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah memberi keteladanan. Ayah&bunda juga harus fokus pada makanan sampai selesai makan



2. Bila si kecil mulai memainkan makanannya, tanyakan saja “Makannya sudah selesai ya?”. Ini untuk membiasakannya tidak meninggalkan makanan sebelum selesai. Jangan khawatir dia kelaparan, si dua tahun butuh banyak energi untuk bergerak. Kalau lapar, ia pasti minta



3. Jangan biasakan menawarkan makanan alternatif jika ia terlihat tidak tertarik dengan apa yang telah tersaji. Satu kali kemauannya dituruti, akan sulit untuk terus mengikutinya. Bilang padanya bahwa bahwa setiap anggota keluarga memakan makanan yang sama, diharapkan si kecil pun akan segera belajar untuk memakan apa yang kita makan.



4. Alasan lain si kecil bermain dengan makanannya dalah karena ia memang tidak lapar dan tidak ingin makan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya tidak memberikan cemilan satu jam sebelum waktu makannya, sehingga ia akan memiliki selera makan pada waktunya.



5. Si kecil juga bisa memainkan makanannya karena sedang merasa bosan. Meskipun yang tersaji di depannya adalah makanan favoritnya, biasanya maksimal hanya 15 menit anak bisa duduk diam. Maka buat jadwal makan yang teratur secara realistis. 15 menit waktu makan ini sebaiknya dimanfaatkan juga untuk mengajaknya mengobrol dan bercerita tentang kegiatannya hari itu. Baru setelah ia menyelesaikan makanannya, anda bisa membiarkannya berlari dan bermain.