Musim pancaroba begini nih, cuaca yang nggak menentu, debu serta teriknya sinar matahari membuat tubuh jadi gampang sakit. Apalagi anak-anak yang memang daya tahan tubuhnya cenderung lebih lemah ketimbang orang dewasa. Padahal mudik lebaran sedikit lagi tiba dan tentunya kita nggak mau kan acara mudik kita terhambat gara-gara si kecil sakit. Untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar nggak gampang sakit berikut yang perlu dilakukan oleh para ibu-ibu dirumah.

Tidur yang cukup
Anak-anak membutuhkan tidur lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa agar mereka tetap sehat. Jika kurang tidur dapat menurunkan kinerja dan sistem kekebalan tubuh orang dewasa, masuk akal apabila anak-anak pun mengalaminya, bahkan mungkin lebih buruk. Menurut para pakar, anak-anak prasekolah membutuhkan 10 jam untuk tidur, balita 12-13 jam, dan bayi 18 jam. Maka dari itu, orangtua harus memastikan anak-anaknya tetap mendapat jumlah jam tidur tersebut.

Makanan segar
Penting artinya mengonsumsi buah dan sayuran segar, terlebih untuk anak-anak. Dengan mengonsumsi makanan segar, sistem kekebalan tubuh akan meningkat. Banyak sekali jenis sayuran dan buah yang kaya antioksidan dan vitamin C. Maka dari itu, sertakan juga buah dalam daftar harian diet sebagai pengganti biskuit dan keripik untuk makanan selingan anak Anda.

Hindari makanan cepat saji dan olahan
Tentu anak-anak menyukai dua jenis makanan ini, tetapi bukan berarti makanan tersebut sehat untuk mereka. Pasalnya, di dalamnya terdapat berbagai bahan kimia dan zat adiktif yang dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, orangtua dianjurkan untuk menumbuhkan kebiasaan makan yang sehat bagi anak-anaknya di rumah.

Berikanlah pada buah hati kita madu setiap hari.
Madu sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh tak hanya itu madu juga mengandung ragam manfaat lainnya yang bersifat menyembuhkan.