Langkah mudah agar kesehatan anak prima dan daya tahan tubuh maksimal:

1.
Pastikan ia untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, lauk hewani dan nabati, sayur dan buah, serta susu sebagai penyempurna.

2.
Beri anak cairan penting seperti susu, jus buah, dan air putih.
Beri anak minum susu satu jam setelah makan. Beri ia air putih setiap kali makan. Anda dapat memberikan jus sebagai selingan pada pagi dan sore hari. Ukuran pemberian susu per hari adalah 2 hingga 3 gelas (masing-masing 200 mililiter), jus buah (120 mililiter), dan air (2 hingga 3 gelas).

3.
Mandikan anak dua kali dalam sehari. Sediakan mainan mandi bermotif lucu agar anak semangat. Ajari ia menyabuni seluruh tubuhnya (termasuk lipatan-lipatan kulit). Bantu ia menggunakan sabun dan menggosok punggungnya.

4.
Ajari anak sikat gigi secara teratur. Jika ia sudah bisa berkumur, Anda dapat memberinya pasta gigi seukuran biji jangung.

5.
Biasakan anak mencuci tangan hingga ke sela-sela jarinya setiap kali ingin makan, main di luar, dan buang air.

6.
Ingatkan anak untuk mencuci kaki sebelum naik ke tempat tidur. Jangan sampai kotoran yang menempel di kaki terbawa ke tempat tidurnya dan membuat kulitnya teriritasi.

7.
Anak sebaiknya bergerak minimal satu hingga dua jam.
Bermanfaat untuk kesehatan tubuhnya, aliran darah menjadi lancar, daya tahan tubuh leih baik, terhindar dari resiko kegemukan, dan metabolisme tubuh baik.

8.
Biasakan anak tidur siang sekitar satu hingga dua jam. Dalam sehari, anak membutuhkan waktu 12 hingga 14 jam untuk tidur. Saat tidur, dalam tubuhnya terjadi proses pengeluaran hormon pertumbuhan. Anak yang kurang tidur dapat mengganggu pembentukkan sistem kekebalan tubuhnya.

9.
Lengkapi imunisasi anak. Contoh: imunisasi influenza, campak - gondongan - rubella, dan cacar air setelah ulang tahunnya yang pertama. Pada usia 15 hingga 18 bulan, imunisasi wajib polio dan DPT (Difteri, Partusis, Tetanus).

10.
Imunisasi anjuran untuk anak. Contoh: HiB (untuk mencegah selaput otak) dan Pneumokokus (PVC, untuk mencegahradang paru-paru). Saat anak berusia 2 tahun, anak diberikan imunisasi hepatitis A dan thypus.

11.
Biarkan anak bebas bergerak di pagi hari, karena matahari pagi akan merangsang pembentukkan vitamin D dalam tubuhnya untuk kesehatan tulang.

12.
Jangan biarkan anak kekurangan vitamin B kompleks dan mineral seng. Perhatikan rambutnya, jika rambutnya berkilau dan kuat artinya ia cukup gizi.

13.
Keringkan keringat anak segera setelah bermain. Mandikan jika perlu. Keringat yang tidak segera dikeringkan dapat menjadi sumber penyakit, seperti biang keringat dan gatal-gatal.