Makanan yang terbaik bagi bayi awal kelahirannya adalah memberikan ASI secara exclusive sampai usia 6 bulan. Namun, ada kalanya orang tua sudah memberikan buah seperti buah pisang sejak bayi itu lahir. Pemberian buah pada bayi baru boleh dilakukan setelah bayi berusia 4 bulan (nirmala, edisi maret 2007), karena organ pencernaan pada bayi baru bisa menerima makanan padat pendamping ASI/susu formula. Di usia 4 bulan ini sebagai jembatan pertama mengenalkan makanan padat pada bayi. Termasuk buah-buahan.



Pemberian buah sebaiknya sebelum makan makanan lain. Yang dimaksudkan makanan lain adalah makanan yang lebih lama proses mencernanya dibandingkan buah, misalnya nasi, daging, susu dan lainnya. Cukup menunggu 10-15 menit saja sebelum dilanjutkan dengan makanan lain. Kecuali pisang, karena waktu yang dibutuhkan untuk mencerna pisang lebih lama dibandingkan buah-buahan lain. Jika didahului menyantap pisang, maka harus menunggu 30 menit sebelum menyantap makanan lain.



Porsi makanan untuk seorang bayi biasanya tidak bisa disamakan dengan bayi lainnya. Juga porsi dari hari ke hari, bisa berbeda. Berikan porsi kecil dulu, kalau dalam porsi kecil bisa menghabiskan, lain kali tambahkan lebih banyak. Perlu diperhatikan, bayi mempunyai cara sendiri untuk menunjukkan bahwa dia sudah kenyang. Jadi, jangan dipaksa menghabiskan porsinya jika dia sudah kenyang.



Untuk bayi atau anak kecil, buah yang rasanya masam seperti jeruk nipis atau jeruk purut sebaiknya tidak diberikan begitu saja. Campurkan sedikit saja air jeruk nipis ke buah-buahan yang manis seperti pepaya.