Secara garis besar, kondisi ekonomi, sosial budaya, dan keamanan Indonesia di tahun 2012 cenderung masih menunjukkan kondisi yang sama kendati pertumbuhan ekonomi terjadi perubahan yang cepat dan cenderung naik turun. Kasus-kasus hukum yang berkaitan dengan korupsi masih mengalami pergulatan berat di sepanjang tahun 2012 dan mengarah ke kondisi blunder .

Sementara menyinggung soal bencana alam berupa tsunami , gempa bumi, angin ribut, dan banjir cenderung kembali terjadi dan timbul pada daerah yang sama. Anomali cuaca lebih sering terjadi, dimana panas dan dingin berganti-ganti dan tidak stabil sehingga bisa mengganggu siklus pertanian. Masa-masa sensitif bencana alam cenderung terjadi pada rentang bulan Januari–Maret, Juli – Agustus dan Desember 2012. Bencana yang disebabkan oleh unsur air dan tanah masih mendominasi.

Naik turunnya perenomian cenderung terjadi sangat cepat. Bagi mereka yang terjun di dunia valas maupun saham disarankan agar lebih waspada dan menahan diri karena akan muncul banyak kejutan yang cenderung mengecewakan. Investasi di dunia properti juga perlu diwaspadai, dimana daya beli masyarakat cenderung kurang stabil.

Dalam dunia seni dan budaya mulai terjadi suksesi dan pergantian posisi dari yang tua kepada yang muda. Banyak muncul artis-artis muda, yang salah satunya mulai bisa menunjukan eksistensinya di dunia internasional. Perselingkuhan dan perceraian pun masih akan didominasi oleh artis-artis senior.

Sementara untuk prediksi karier, keuangan dan asmara di tahun 2012 sesuai horoskop, bisa dicermati secara lengkap berikut ini.

CAPRICORN

Bagi Capricorn, tahun 2012 merupakan masa perubahan sekaligus penyelesaian atas apa yang menggantung di tahun sebelumnya. Namun demikian, apabila tidak melakukan perubahan sifat dan melakukan intropeksi diri, maka masalah dan hambatan yang menghantui di tahun sebelumnya masih akan terulang kembali di tahun 2012 ini. Baik buruk nasib akan sangat bergantung pada pilihan dan keputusan yang diambil oleh mereka sendiri.

Karier
Dibutuhkan usaha ekstra untuk bisa meningkatkan karier maupun usaha karena harus bisa mengandalkan diri sendiri tanpa bantuan pihak lain. Sebagian besar masalah yang timbul di dunia kerja maupun usaha cenderung masih sama dan berulang. Dalam dunia bisnis, disarankan untuk menghindari utang piutang karena berpotensi macet bagi kedua belah pihak. Lebih baik mengutamakan uang kontan meskipun hanya sedikit namun aman.

Keuangan
Keuangan Capricorn cukup terkendali meskipun masalahnya masih cenderung sama dengan tahun sebelumnya. Namun jerat masalah utang piutang maupun masalah keuangan lainnya bisa diselesaikan hingga tuntas secara bertahap. Beberapa usaha dan investasi yang dilakukan di tahun sebelumnya mulai memperlihatkan hasil di tahun ini. Pengeluaran dan pemasukan secara garis besar cenderung seimbang dan terkendali, hanya akan ada pengeluaran cukup besar berkaitan dengan urusan keluarga sendiri.

Asmara
Tahun 2012 adalah masa bagi Capricorn diuji kesabaran yang disebabkan masalah rumit berkepanjangan. Tenangkan pikiran dan terbukalah dalam berkomunikasi setiap menyikapi perbedaan pendapat dengan pasangan. Bagi yang masih sendiri, jalan menemukan jodoh masih sama sulitnya dengan tahun sebelumnya. Namun demikian, jalan untuk memperoleh teman baru lebih mudah.