MENJAGA anak tetap aktif adalah salah satu tugas orangtua. Bersama mereka, Anda bisa mengajaknya bermain dan meski dilakukan di dalam rumah, rasanya tetap menyenangkan.

Saat cuaca cerah, si kecil bisa bebas bermain sepeda, berlarian di taman, bermain bola, dan sebagainya. Tapi saat musim hujan datang, aktivitas tersebut tak lagi bisa dilakukannya. Yang ada di rumah hanyalah permainan monopoli, video games, dan televisi.

Pernahkah Anda memikirkan apa yang dirasakannya saat hari libur hanya dihabiskan di rumah, tanpa aktivitas berarti? Kini, kreativitas Anda sebagai orangtua diuji.

Chase Lapine dan Larysa Didio dalam buku terbaru mereka, "Sneaky Fitness: Fun, Foolproof Ways to Slip Fitness into Your Child's Everyday Life" memaparkan aktivitas-aktivitas untuk anak berbagai umur yang akan mendorongnya selalu aktif setiap hari.

"Aktivitas bersama anak-anak ibarat fitness yang bermanfaat untuk kesehatan tubuhnya. Selain sehat, mereka juga ingin bersenang-senang dalam kegiatan bermainnya. Kuncinya, bagaimana cara Anda mengemas dan menyajikannya,” kata Lapine.

Sementara Didio mengatakan, aktivitas bermain (bergerak) akan memberikan manfaat besar dalam jangka panjang si kecil. Berikut tiga aktivitas menyenangkan untuk membuat anak-anak tetap bergerak, seperti dilansir Sheknows.

Melompat

Ada alasan saat orang mengatakan hal baik, “Perhatikan lompatan saat melangkah”. Meloncat itu hal menyenangkan. Buktinya, orang melompat saat mereka bahagia. Itulah mengapa permainan hip hop sangat baik untuk anak-anak, khususnya anak usia 5-10 tahun.
Cara bermainnya cukup sederhana. Gunakan masking tape atau kapur untuk menggambar garis lompatan di beberapa sudut ruangan yang tidak akan diduga anggota keluarga. Setiap kali ada seorang anggota keluarga yang akan melewati garis tersebut, mereka harus berjingkat.
Mengapa permainan ini baik untuk si kecil? “Melompat membakar kalori dua kali lebih besar daripada berjalan,” kata Didio.

Jiplak telapak kaki

Setiap anak pasti suka kegiatan menggambar dan mewarnai. Mencampur dan mewarnai di atas kertas adalah kegiatan menyenangkan dan pengalaman ajaib untuk mereka.
Tempelkan berlembar-lembar kertas pada lantai rumah. Lalu, biarkan si kecil menjiplakkan telapak kaki mereka yang penuh cat warna di kertas tersebut.
Permainan ini sangat sempurna untuk anak usia pra-sekolah dan anak usia 5-10 tahun. Permainan yang kelihatannya hanya senang-senang ini memberi kegunaan dalam membangun keseimbangan dan melatih anak olahraga kardiovaskular.
Selain itu, anak akan merasa sangat gembira saat dibolehkan menggambar dengan tangan dan kaki mereka,” ucap Didio.

Meluncur bebas

Anak-anak senang meluncur bebas; di lantai, rumput, alat perosotan, dan sebagainya. Jangan larang mereka melakukan kesenangan tersebut karena aktivitas meluncur bebas bisa menjadi olahraga yang baik, kata Lapine dan Didio. Anak usia 5-10 tahun sangat ideal dilibatkan dalam permainan ini.
Untuk di rumah, cara bermainnya sederhana. Kenakan kaos kaki usang untuk si kecil dan meluncurlah di atas lantai tak berkarpet.
Lapine mengatakan, manfaat tersembunyi permainan meluncur bebas adalah anak-anak melakukan kegiatan olah fisik dan juga membuat lantai bersih.

Sumber : dechacare.com