Pendidikan pra sekolah atau Pendidikan Anak Usia Dini/PAUD adalah istilah yang merujuk pada pendidikan yang ditujukan bagi anak-anak usia 5 tahun ke bawah. Pendidikan pra sekolah merupakan pendidikan yang penting bagi anak meski banyak orang beranggapan sebaliknya. Inilah sebabnya mengapa pendidikan pra sekolah harus dianggap secara serius untuk dipertimbangkan.

Pada dasarnya pendidikan pra sekolah merupakan salah satu bagian penting dalam hidup anak karena merupakan pengalaman pendidikan dasar pertama yang diperoleh anak dan dasar bagi sosialisasi dan pengalaman hidup bersama orang lain di luar lingkungan keluarganya.

Anda tentunya ingin memastikan bahwa Anda memilih PAUD yang dikelola oleh orang-orang yang qualified agar Anda yakin anak Anda berada di tangan yang tepat,bukan? Sebelum memasukkan anak ke PAUD, sebaiknya Anda memeriksa profil sekolah tersebut; seperti melihat kegiatan belajarnya, bahasanya, metode pembelajarannya, kurikulum sekolahnya, bagaimana guru – gurunya, fasilitasnya dan sebagainya. Beberapa sekolah biasanya menyediakan fasilitas trial masuk kelas, dan tiap sekolah memiliki kebijakan berbeda untuk masa trial tersebut. Ada yang 1 hari, 1 minggu bahkan 1 bulan. Manfaatkan fasilitas tersebut untuk mengetahui kualitas sekolah.

Jika Anda mau bersabar dalam mengambil keputusan untuk hal ini, maka Anda akan menemukan sekolah yang cocok dan terbaik bagi anak Anda. Ini sangat penting karena tentunya Anda menginginkan anak Anda senang, aman sekaligus pintar. Hal lain yang dapat menjadi bahan pertimbangan adalah apakah anak Anda mempunyai teman sebelum memasukkannya ke PAUD, jika ada anak-anak lain yang Anda ketahui sering bermain bersama anak Anda, Anda pasti ingin memasukkan anak ke sekolah yang sama dengan temannya. Sehingga mereka menjadi terbiasa dengan segala halnya dan mereka akan merasa nyaman. Pada akhirnya, Anda akan melihat perbedaan yang terjadi dari hal sederhana seperti itu.