Memasuki semester terakhir, muncul keluhan nafas menjadi pendek. Anda akan merasa sulit tidur dan mudah lelah saat Anda berjalan (dengan dan tanpa beban), naik tangga.



Penyebab utamanya adalah ukuran rahim yang semakin membesar mendesak organ-organ lain di sekitarnya. Selain itu pembuluh darah pada saluran darah membesar akibat meningkatnya sejumlah hormon kehamilan.

Nafas Anda menjadi pendek bukan karena tubuh Anda kekurangan oksigen, karena kebutuhan oksigen tubuh wanita (baik sebelum hamil dan pada saat hamil) hampir sama. Walaupun terdapat sedikit peningkatan, hal tersebut terjadi karena hadirnya janin dalam rahim. Janin dalam kandungan juga memerlukan oksigen sebagai bahan bakar untuk menjalankan serangkaian proses metabolisme di dalam tubuhnya.

Di sisi lain, saat usia kehamilan menginjak usia 7 hingga 9 bulan, jantung dan paru-paru bekerja lebih giat dan efisien. Dengan demikian, suplay oksigen dan zat gizi melalui darah ke seluruh tubuh bagian Anda, termasuk janin, berjalan dengan baik. Kerja organ pernafasan yang meningkat mengakibatkan cara bernafas Anda pendek.

Umumnya, setelah janin mulai turun ke rongga panggul dan mempersiapkan diri melewati jalan lahir (saat usia kehamilan Anda menginjak usia 36 minggu atau lebih), semua akan kembali berjalan dengan normal. Nafas pendek yang Anda alami perlahan berkurang dan menghilang sama sekali. Hingga saat itu tiba, siasati nafas pendek Anda dengan cara sebagai berikut:

1.
Hindari membawa barang-barang berat.
2.
Jika Anda membawa barang, bagi seimbang antara tangan kanan dan tangan kiri.
3.
Berjalanlah dengan santai dengan tubuh tegak dan bahu dalam keadaan santai.
4.
Lakukan segala sesuatunya dengan perlahan, tidak terburu-buru.
5.
Lakukan olahraga ringan yang sesuai dengan kondisi tubuh dan kehamilan.
6.
Berlatih olah nafas. Fokuskan perhatian Anda pada saat mengeluarkan dan menarik nafas, sehingga tubuh Anda dalam keadaan santai.
7.
Hindari tidur dengan posisi telentang. Tidurlah dengan posisi tubuh miring, setengah duduk, atau ganjallah sekitar bahu dengan bantal.
8.
Jika Anda merasa sesak, tariklah nafas dalam dengan perlahan.