Kesehatan payudara bisa ditunjang dengan berolahraga. Sebagian besar payudara terdiri dari lemak, kelenjar dan saluran, sedangkan di sebelah bawah payudara terdapat otot dada. Dengan melakukan beberapa olahraga untuk payudara, maka otot dada ini akan dibangun sehingga membuat payudara terlihat lebih membusung dan naik.

Seperti dikutip dari Thirdage, Selasa (6/7/2010) olahraga bisa membantu mengurangi angka tumor payudara, serta memperlambat produksi estrogen sehingga membantu melindungi tubuh dari kanker payudara.

Lalu apa aja sih olahraga yang bisa menunjang kesehatan payudara kita? Moms bisa pilih mau jalan cepat, jogging, berenang, tenis, bersepeda atau pun hiking. Biar ngga bosan, moms bisa lakukan olahraga tersebut secara bergantian setiap minggunya.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah tetap menggunakan bra yang tepat saat berolahraga. Jika bra yang digunakan tidak mencakup keseluruhan payudara, maka payudara akan naik turun yang bisa mengakibatkan peregangan dini dari ligamen coopers dan juga menimbulkan rasa tidak nyaman selama berolahraga.

Manfaat lain dari olahraga untuk payudara juga untuk meningkatkan rasa percaya diri serta menghindari dampak payudara turun akibat proses penuaan. Olahraga spesifik yang dilakukan untuk menunjang penampilan payudara adalah push up, yang masing-masing dilakukan dengan dumbbells, barbel, bangku atau mesin.

Meskipun latihan ini bisa membangun otot dada, bukan berarti dapat membuat payudara lebih besar. Karena satu-satunya proses yang bisa dilakukan untuk memperbesar payudara adalah melalui operasi. Tapi karena latihan ini bisa membantu memperbaiki penampilan payudara, maka latihan ini dapat menjadi alternatif yang baik agar payudara terlihat lebih berisi tanpa risiko operasi.

Ayo moms, rajin berolahraga. Banyak manfaat yang didapat. (K)