Orang tua pasti senang kalau mempunyai anak yang cerdas dan ber IQ ( intelligence Quotient ) tinggi. Kecerdasan tidak haya karena faktor keturunan saja, tetapi kecerdasan juga di pengaruhi oleh stimulasi maupun dengan memberikan makanan yang mengandung asupan yang dapat mendukung kecerdasan anak.
faktor2 berikut ini yang mesti di perhatikan orang tua untuk perkembangan kecerdasan anak:
1. Kecukuoan gizi adalah faktor uang penting dalam perkembangan kecerdasan otak. Zat besi salah satu yang di perlukan olah anak karena kekurangan zat besi dapat menyebabkan kekurangan darah ( anemia ) sehingga dapat menghambat perkembangan anak pada umumnya dan perkembangan otak pada khususnya.
2. Pemberian ASI eksklusif sampai anak berusia 6 bulan sangat penting. ASI telah memenuhi semua zat gizi yang id butuhkan anak.
3.
3. Lemak asensial atau lemak yang tidak dapat di buat oleh tubuh tetapi di hasilkan oleh mkanan sehari-hari sererti ARA ( arachidonic acid ), DHA (docosahexaenoic acid ), Prebiotik, Lactoferin membantumembentuk struktur otak bayi. Sumber makanan ini dapat di peroleh dari ikan tuna, ikan salmon, kerang, dll.
4.Lingkungan yang sehat dan nyaman bagi perkembangan anak membantu menjaga perkembangan anak.
5. Dengan adanya suasana keluarga yang harmonis, hangat dan penuh kasih sayang maka anak akan tumbuh dan berkembang optimal.
6. Memberikan stimulasi seimbang dapat mengasah kecerdasan anak. mengajak anak bermain dengan alat permainan yang dapat merangsang daya pikir sesuai usia mereka, seperti balok susun, puzzle, mengambar, mewarnai dan menyanyi.