Penting bagi orang tua untuk menyadari bahwa masa kanak-kanan adalah saat yang paling ideal bagi seseorang dalam memperoleh pengetahuan, apa pun bentuk medianya, baik melalui pendidikan formal ataupun pergaulan.

Banyak ahli berpendapat bahwa pendidikan emosional untuk seseorang lebih baik dilakukan sejak masa kanak-kanak karena tingginya tingkat kecerdasan emosional anak akan mempermudah mereka dalam mempelajari hal-hal lain. Di samping itu juga, perkembangan kecerdasan intelektual manusia terjadi dengan cepat pada masa kanak-kanak.

Hal ini didukung oleh fakta bahwa pertumbuhan otak manusia juga hampir mencapai titik maksimal pada ukurannya pada saat dewasa nanti, sebelum anak menginjak usia taman kanak-kanak. Oleh karena itu, pendidikan yang berkaitan dengan perkembangan kecerdasan intelektual dan emosional anak juga sudah sewajarnya dilakukan secara beriringan karena dua bentuk kecerdasan ini saling melengkapi.

Masa paling penting bagi pertumbuhan otak bayi adalah pada usia dua tahun pertama. Dengan demikian, akan lebih baik apabila orang tua membantu bayi berkenalan dengan dunia barunya sejak ia keluar dari rahim ibu. Perkenalan ini dapat dilakukan dengan perkenalan indra bayi pada hal-hal di sekitarnya. Semakin banyak kontak fisik bayi dengan lingkungan sekitarnya, semakin besar rangsangan yang terjadi dalam otaknya.

Dan, banyak cara yang dapat dilakukan orang tua agar anak dapat belajar dan mendapatkan pengetahuan baru. Salah satu cara yang paling menyenangkan adalah dengan bermain. Para ahli percaya bahwa bermain merupakan sebuah proses yang sangat penting bagi perkembangan anak, baik itu tingkat kecerdasan intelektual, maupun kecerdasan emosinya.