Dengan bermain sepeda bukan hanya memberikan rasa senang bagi si kecil, tetapi juga mengandung beberapa manfaat. Berikut manfaat yang bisa kita ambil:

Belajar berani dan percaya diri : si kecil biasanya kalau baru melihat sepeda awalnya hanya memegang dan mendorong-dorang sepeda tersebut, lalu kita coba mendudukan si kecil ke atas tempat duduknya sambil kita dorong. Selanjutnya si kecil akan berusaha untuk duduk sendiri di atas sepeda sambil mendorongnya menggunakan kaki, selanjutnya dia akan mencoba meletakkan kakinya di pedal sepeda dan mencoba mengerakkannya. Sampai akhirnya si kecil bisa atau mahir menggunakannya sendiri. Proses ini pastinya membutuhkan keberanian dan kepercayaan bagi si kecil, sampai akhirnya dia bisa menggunakan sepeda roda dua di usia selanjutnya.
Mengasah kemampuan motorik kasar : Dengan bersepeda bisa membantu atau memberikan kesempatan pada si kecil untuk mengembangan keterampilan motorik kasar bagi si kecil. Saat bermain sepeda kemampuan otot kaki dan otot tangan akan terasah ketika mengayuh sekaligus mengendalikan kemudi sepeda.
Koordinasi anggota tubuh : saat bersepeda mata, tangan, kaki, dan keseimbangan beraktivitas sekaligus, sehingga telah tercipta rangkaian koordinasi antara aktivitas tersebut.
Membuka ruang eksplorasi dan interaksi : dengan bersepeda membuat anak bereksplorasi ke wilayah yang lebih luas. Hal ini bisa mengasah kemampuan beradaptasi si kecil dengan lingkungan baru sebagai modal bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan mana pun.
Belajar mengatasi masalah : saat bersepeda si kecil bisa mengatasi masalahnya sendiri, misalnya saja saat sepeda akan bertabrakan dengan sepeda temannya si anak akan berusaha untuk membelokkan sepedannya sehingga tabrakan bisa di hindarinya.