Setiap anak dilahirkan berbeda-beda dan unik dalam segala hal, termasuk juga dalam hal beradaptasi dengan lingkungannya. Dalam hal beradaptasi ini, terdapat 3 tipe anak yang perlu Anda ketahui yaitu anak yang mudah bergaul, anak yang memerlukan pemanasan untuk beradaptasi dengan lingkungan serta anak yang sulit dalam pergaulan. Namun begitu, setiap tipe anak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk lebih jelasnya Anda bisa simak di bawah ini :

* Anak yang mudah
Anak dengan tipe seperti ini biasanya mudah bergaul sekalipun dengan orang-orang yang baru ditemuinya dan tidak canggung walau berada di lingkungan yang baru baginya. Anak-anak tipe ini juga tergolong sangat aktif, selalu banyak bicara dan juga lincah.

Karena mudah beradaptasi dengan orang dan lingkungan baru, anak-anak dengan tipe seperti ini biasanya juga sering berganti-ganti pengasuh. Namun begitu hal tersebut sebetulnya bisa berdampak buruk bagi dirinya sendiri karena setiap pengasuh memiliki pola asuh yang berlainan.

Anak-anak tipe ini juga kadang sulit untuk diberi pengertian karena banyak menemui berbagai macam larangan, bujukan, perintah dan nilai-nilai dari orang di sekitarnya sehingga membuatnya bingung. Orangtua yang memiliki anak dengan tipe seperti ini juga harus lebih waspada terhadap barang-barang berbahaya karena sifat anak-anak tersebut yang pemberani dan suka mencoba hal-hal baru di sekelilingnya.
* Anak yang perlu pemanasan
Anak-anak dengan tipe seperti ini tidak terlalu berani namun juga tidak penakut. Namun begitu, ia memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru untuk mendapatkan kembali kepercayaan dirinya. Anak-anak dengan tipe ini perlu motivasi dan dorongan semangat dari orangtuanya untuk mendapatkan keberanian. Biasanya mereka cenderung berdiam diri jika bersama dengan orang-orang baru, namun setelah kenal lebih jauh anak-anak tipe ini akan menjadi akrab dan lebih berani.

Untuk menghadapi anak-anak dengan tipe ini, orangtua sebaiknya tidak memaksakan sang anak untuk menjadi berani. Mereka biasanya akan gelisah jika dalam keadaan ragu-ragu atau takut dan akan semakin buruk jika ditambah dengan tekanan dari orangtuanya.

Setiap anak dengan tipe ini memiliki waktu yang berbeda-beda dalam menyesuaikan diri, namun orangtua bisa melatih sang anak agar waktu adaptasi mereka menjadi lebih singkat. Caranya antara lain dengan lebih dulu memberi pengertian dan motivasi saat sang anak akan dibawa ke tempat baru, sehingga mereka tidak terlalu kaget dan sedikit mendapatkan gambaran mengenai lingkungan baru tersebut. Selain itu bisa juga dengan mengajaknya memainkan game tertentu yang dapat menumbuhkan keberanian serta membantunya memperluas pergaulan dengan teman-teman yang seumur.
* Anak yang sulit
Tipe anak seperti ini kadang-kadang dapat membuat orangtua malu, gemas sekaligus kesal. Mereka biasanya selalu mengikuti kemanapun orangtuanya pergi dan sering membenamkan wajahnya di sela-sela pakaian orangtuanya ketika disapa oleh orang lain.

Biasanya perilaku anak tipe ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kurangnya keberanian, kurang dilatih untuk bersosialisasi, maupun faktor keturunan. Untuk mengatasinya, orangtua harus bersabar sambil membiasakan sang anak berada di lingkungan baru, memotivasi sang anak agar menemukan keberanian serta memberi pengertian secara perlahan, jangan gunakan cara yang memaksa. Jika Anda melakukan pemaksaan terhadap sang anak, justru rasa percaya dirinya akan hilang dan kemungkinan akan menjadi lebih sulit lagi dalam bergaul.

Namun begitu, tipe anak yang sulit ini juga mempunyai kelebihan tersendiri. Karena dia sulit bergaul di luar, maka sang anak akan lebih betah di rumahnya sendiri. Hal tersebut akan membuatnya dekat dengan orangtuanya dan akan lebih mudah untuk diarahkan dan dinasehati.

Nah, dengan mengenali tipe bergaul anak Anda, kita sebagai orangtua dapat memberikan terapi yang sesuai. Terapi yang benar dan efektif membuat sang anak akan lebih mudah dididik dan diarahkan ke hal-hal yang positif. Sudah siapkah Anda ?