Kehamilan trimester kedua adalah masa kehamilan minggu ke 13 – 28 atau hamil 3 bulan sampai hamil 7 bulan.

Di masa-masa ini, rasa mual dan munta mulai menghilang dan perubahan tubuh mulai terlihat nyata. Perut mulai membesar, dan biasanya diikuti dengan timbulnya stretch mark.

Trimester kedua adalah masa yang paling stabil dalam masa-masa kehamilan. Kunjungan ke dokter cukup satu bulan sekali, kecuali pada kehamilan resiko tinggi yang mungkin memerlukan pemeriksaan dokter lebih sering.

Uterus yang mulai membersar dan memasuki rongga perut dapat menyebabkan rasa nyeri dan kram. Pembesaran rahim akan bertumbuh sekitar 1 cm setiap minggu.

Hal-hal lain yang biasa dialami oleh ibu hamil pada kehamilan trimester kedua termasuk diantaranya: sendawa, buang angin, pusing, mendengkur, gusi berdarah, kram kaki, produksi keringan meningkat dan pelupa.

Dokter perlu memonitor pertumbuhan bayi dengan membandingkan berat dan ukuran janin dari bulan sebelumnya. Di masa trimester kedua ini pula dapat dilihat apakah ada lebih dari satu janin yang sedang dikandung.

Gerakan janin dalam perut mulai dapat dirasakan pada masa ini.

Di minggu-minggu terakhir trimester kedua, biasanya jenis kelamin bayi sudah dapat terlihat jelas dengan menggunakan USG.

Related posts:

1. Trimester Kehamilan
2. Kehamilan Resiko Tinggi
3. Mengatasi Mual Saat Hamil
4. Susu Ibu Hamil
5. Tanda Kehamilan Awal