Penyebab Kanker: WHO Menyatakan Ponsel Picu Kanker


Banyak hasil studi yang meneliti bahaya ponsel berikut kontroversi dari hasil studi tersebut, namun kini badan kesehatan dunia (WHO) benar-benar akan menyatakan ponsel memang dapat memicu penyebab kanker. WHO merasa harus meluruskan perdebatan akan bahaya ponsel di masyarakat dan memberi tahu yang sebenar-benarnya.

WHO telah melakukan sebuah investigasi khusus dan memang menemukan peningkatan tumor otak yang signifikan selama 10 tahun atau lebih pada orang-orang pengguna ponsel. Ketua studi, Dr. Elisabeth Cardis akan terus melakukan studi mengenai masalah ini dan fokus pada efek radiasi frekuensi yang disebut-sebut sebagai penyebab tumor. Studi ini sendiri akan dilakukan di 13 negara dengan melibatkan sekitar 12.800 orang dan rencananya pada akhir tahun ini hasil studi akan dipublikasikan secara resmi.

Sebelumnya sebuah studi di Amerika yang didanai oleh salah satu perusahaan, mengklaim bahwa ponsel tidak hanya menyebabkan tumor otak, tapi juga kanker testis, kanker mata, leukimia dan kelenjar ludah. Sedangkan penelitian lainnya yang dilakukan Tel Aviv University justru menyebutkan sebaliknya. Para peneliti di Tel Aviv University, menyebutkan dosis radiasi yang dipancarkan oleh ponsel termasuk kecil. Mereka juga menantang para peneliti lain yang benar-benar dapat membuktikan ponsel dapat menyebabkan kanker atau tumor.

(melindacare)