Anakku Sehat tanpa Dokter

Sebagai orang tua, setiap saat kita menginginkan tubuh anak selalu dalam keadaan sehat, tidak sakit-sakitan sehingga tidak perlu lagi pergi ke dokter. Selain menghemat biaya yang keluar, perasaan sedih dan was-was saat anak sakit tentunya tidak dapat dinilai dengan uang.

Nah, untuk dapat senantiasa sehat, banyak cara dapat dilakukan untuk mencegah penyakit mudah datang. Cara ini disebut dengan cara preventif.

Pada bayi yang masih berumur dibawah 1 tahun, membawanya berjemur dibawah sinar matahari pagi akan menyehatkan. Hal ini karena sinar matahari pagi antara pukul 7 sampai 8 sangat kaya dengan vitamin D dan sinar ulatraviolet B (UVB). Vitamin D sangat berguna bagi bayi karena dapat membantu penyerapan kalsium oleh tubuh dalam rangka pembentukan otot dan tulang yang kuat dan sehat.

Cara preventif berikutnya adalah dengan mengontrol pola makan dan jenis makanan sehat yang dikonsumsi anak-anak. Pada balita, misalnya, dapat dilakukan melalui cara menyediakan berbagai makanan sehat yang dikreasikan sehingga mengundang selera makan.
Akan tetapi bagaimana bila anak sudah jatuh sakit? Sesuatu yang tidak bisa kita hindari tentunya. Sebagai orangtua kita yang harus pandai merawat dengan cara-cara yang mempercepat proses penyembuhan.

Ketika si kecil sakit, sebaiknya kita tidak serta merta menyerahkannya bulat-bulat kepada dokter tanpa berbuat sesuatu. Berikanlah home treatment yang membuat anak nyaman. Misalnya, pada anak yang mengalami sakit flu dan demam, makan yang banyak dan istirahat yang cukup adalah cara paling efektif untuk penyembuhan secara alami.

Namun, pada kenyataannya, biasanya anak-anak malas untuk makan dan susah beristirahat. Disinilah orang tua berperan bagaimana agar anak menjadi lebih nyaman dengan mengalihkan perhatian anak dari rasa sakit dan mengikuti apa yang bisa membuatnya sehat. Misalnya dengan mengajaknya makan sambil bercerita dan melakukan atraksi menarik tentang “Perang Kuman dan Makanan”. Dengan begitu, tanpa terasa anak akan memakan sedikit demi sedikit makanannya sampai habis.

Namun, bagaimanapun, mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Dengan menambah pengetahuan anda tentang berbagai cara untuk menjaga kesehatan, penyebab penyakit dan cara menanggulanginya, akan mengurangi intensitas Anda membawa anak pergi ke dokter. Mari kita membiasakan diri untuk menjaga kesehatan buah hati kita.