Mungkin sulit untuk menjaga anak-anak untuk tetap memiliki berat badan normal atau sehat. Para ahli mengatakan bahwa, cara terbaik adalah dengan membiasakan anak untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Dan diet makanan sehat tersebut juga berlaku untuk diri kita sendiri, agar dapat menjadi contoh yang baik bagi anak-anak. Namun, biasanya anak-anak cenderung menyukai makanan yang tampilannya menarik atau makanan manis yang sering diiklankan di berbagai media.

Makanan manis mengandung gula yang tinggi, sehingga tidak sedikit jumlah anak yang mengalami obesitas. Seorang anak dianggap menderita obesitas bila berat badannya sudah 20 persen melebihi berat badan sehatnya.

Penyebab obesitas dapat karena akibat mengonsumsi kalori melebihi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Selain itu mungkin juga karena aktivitas fisik anak terlalu sedikit. Faktor-faktor penyebab obesitas antara lain:

1. Faktor keturunan
Apabila salah satu atau kedua orang tua obesitas, maka anak-anak mereka juga cenderung juga akan mengalami obesitas.

2. Aktivitas fisik kurang
Jika anak banyak menghabiskan waktu di depan televisi, games, atau komputer dapat menyebabkan kalori yang tidak terpakai diubah menjadi lemak

3. Kelebihan makan
Obesitas pada keluarga yang anggota keluarganya tidak ada riwayat obesitas, umumnya disebabkan karena kelebihan makan.

balita-anda.com